07 June 2024


Mahasiswa BIPA bersama mahasiswa dan dosen serta jajaran tim program BIPA dan OIA Unesa
Unesa.ac.id, SURABAYA -- Dalam ajang penutupan program Darmasiswa dan Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Scholarship, BIPA UNESA menggelar closing ceremony pada Jumat, 7 Juni 2024 di gedung Auditorium T14 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Kampus 2 Lidah Wetan.
Mengangkat tema "Aktualisasi Budaya dan Bahasa Indonesia Menuju BIPA yang Mendunia," kegiatan tersebut dimeriahkan oleh penampilan dari mahasiswa Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), yang berasal dari program Darmasiswa dan KNB Scholarship.
Penampilan tersebut antara lain tari Pasambahan Minang, pemutaran video karawitan, dan menyanyikan lagu "Indonesia Pusaka" yang dibawakan oleh Won Daeun. Mahasiswi BIPA asal Korea Selatan itu juga unjuk kebolehannya dengan menampilkan satu lagu tambahan berjudul "Our Dream" milik Koyote, salah satu band legendaris asal Korea Selatan.
Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Sumber Daya, Umum, Kerja Sama, dan Teknologi, Komunikasi, dan Informasi FBS, Dr. Heny Subandiyah, M.Hum., turut hadir dalam kegiatan tersebut. Baginya, mahasiswa BIPA menjadi jejaring yang sangat penting dalam menyebarluaskan pembelajaran budaya dan bahasa Indonesia di negeri mereka.
Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D., Kepala Kemitraan Divisi Global OIA UNESA yang mendampingi kegiatan tersebut, juga menyampaikan bahwa mahasiswa BIPA dapat menyelesaikan proses perkuliahan dengan baik mulai dari awal hingga akhir. Ia menilai program BIPA merupakan langkah positif dari UNESA untuk mengenalkan bahasa Indonesia di mata dunia.
Wakil Dekan II FBS, Dr Heny Subandiyah, M.Hum. memberikan rambutan salami closing ceremony program BIPA Unesa.
Sementara Ketua BIPA UNESA, Dr. Octo Dendy Andriyanto, S.Pd., M.Pd., yang hadir dalam kegiatan itu, memaparkan capaian program Darmasiswa dan KNB Scholarship BIPA UNESA dalam setahun penuh.
Sepanjang 2023-2024 sudah beragam kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa BIPA, seperti city tour di destinasi wisata sejarah yang ada di Surabaya. Mereka juga ikut berpartisipasi dalam kompetisi membaca berita di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), ada juga yang mengikuti ajang membaca puisi dan menyanyi di Universitas Islam Malang (UNISMA).
Mereka ikut andil dalam pertunjukan seni ludruk yang diselenggarakan oleh Prodi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, FBS di Gor Gelanggang Pemuda, Kampus 2 Lidah Wetan, pada Selasa, 30 April 2024. Selain itu, mahasiswa BIPA juga aktif dalam program mengajar di Labschool UNESA.
Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada mahasiswa program KNB yang terdiri dari Stephanie Yakumbu (Papua Nugini), Saeed Ahmad Saeed Al Asrani (Yaman), Ali Abakar Ben Abakar (Chad), Yusra Ali Idriss (Sudan), Monireh (Iran), dan Momo Shirai (Jepang).
Kemudian, untuk program Darmasiswa ada Liu Maosheng dan Xu Yuanyuan dari China. Ada juga Joo Miseo, Lee Jae Hyeon, Jaeben Lee, Song Jinah, dan Won Daeun dari Korea Selatan. Lalu ada Rasolofonimaro Ansta Notiavina dari Madagaskar, dan dari Australia ada Elva Farrelia. (*)
Reporter: Saputra (FBS)
Editor: @zam*
Foto: Dokumentasi HUMAS UNESA