05 July 2024


Unesa.ac.id. SURABAYA—Peluang masuk perguruan tinggi negeri atau PTN melalui jalur mandiri masih terbuka. Sejumlah kampus seperti Universitas Negeri Surabaya (UNESA) misalnya masih membuka jalur mandiri yang bisa dimanfaatkan para pejuang masuk PTN.
Jalur yang dimaksud yaitu TMUBK atau Tes Masuk UNESA Berbasis Komputer yang pendaftarannya dibuka mulai 02 sampai 11 Juli 2024. Dengan kata lain, pendaftaran masih dibuka selama tujuh hari ke depan.
Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa UNESA, Dr. Sukarmin, M.Pd, mengatakan bahwa jalur TMUBK merupakan kesempatan terakhir yang bisa digunakan peserta untuk menjadi mahasiswa baru kampus 'Rumah Para Juara.'
"TMUBK hampir sama dengan UTBK, sistemnya ya tes berbasis komputer. Bedanya, kalau UTBK itu tes jalur nasional atau SNBT. Sementara TMUBK itu tes yang dilaksanakan secara mandiri oleh UNESA," jelasnya.
Sukarmin membeberkan jadwal TMUBK yang perlu diperhatikan peserta. Untuk pendaftaran TMUBK bisa dilakukan sampai 11 Juli 2024 melalui laman SPMB UNESA, pmb.unesa.ac.id/.
Seleksi ini menggunakan nilai tes yang dilakukan secara offline di Laboratorium Komputer UNESA Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya pada 13-15 Juli 2024. Hasil tes akan diumumkan pada 19 Juli 2024.
"Jalur TMUBK sistemnya menyeleksi nilai atau skor tes yang diperoleh peserta. Itu nanti dilihat dari nilai tertinggi berdasarkan kuota prodi yang dipilih," bebernya.
Sukarmin memberi contoh, misalnya prodi A kuotanya 50 mahasiswa, maka hanya peserta dengan nilai tes tertinggi 1 sampai 50 saja yang diterima.
Dengan kata lain, nilai tes peserta yang memilih prodi A akan diurutkan dari yang tertinggi sampai terendah. Nah, 50 peserta dengan nilai tertinggi itulah yang diterima berdasarkan kuota prodi.
Supaya peluangnya besar, Sukarmin menyarankan agar peserta pandai-pandai memilih prodi. Selain harus memilih prodi yang sesuai dengan minat, bakat dan rencana karir, juga perlu memperhatikan tingkat persaingan prodi.
"Bagi teman-teman yang misalnya merasa kurang percaya diri dengan kemampuan tesnya bisa memilih prodi yang tidak terlalu bersaing. Ini bisa dilihat di laman admisi, admisi.unesa.ac.id/," jelas dosen FMIPA itu.
Sukarmin menyarankan agar peserta yang sudah mendaftar bisa mempersiapkan diri dengan latihan menjawab soal-soal. Bagi yang belum mendaftar bisa segera memutuskan prodi mana yang dipilih berdasarkan kemampuan masing-masing.
"Tetap semangat, terus berusaha dan berdoa. Bisa jadi harapan adik-adik yang ingin menjadi mahasiswa baru UNESA tahun ini terjawab melalui jalur TMBUK ini. Sekali lagi tetap semangat," ucap Sukarmin memotivasi.[*]
***
Reporter: Tim HUMAS UNESA
Editor: @zam*
Foto: Tim HUMAS UNESA