05 July 2024


Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., memberikan sambutan dalam peresmian gedung baru UNESA Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya.
Unesa.ac.id, SURABAYA—Gedung Terpadu Psikologi Olahraga dan Gedung Kuliah Bersama Olahraga dan Kesehatan SBSN Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kampus 2 Lidah Wetan diresmikan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek dan Rektor UNESA pada Selasa, 2 Juli 2024.
Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., mengatakan, dua gedung itu selesai dibangun lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Gedung Terpadu Psikologi Olahraga rampung digarap selama 1 tahun 3 bulan, sejak sejak Juli 2022 sampai awal Oktober 2023.
Pembangunan dua gedung tersebut menunjukkan komitmen UNESA untuk memberikan fasilitas terbaik bagi mahasiswa dan dosen dalam mendukung proses belajar mengajar serta penelitian di bidang psikologi olahraga.
Selanjutnya, Gedung Kuliah Bersama Olahraga dan Kesehatan diselesaikan selama 6 bulan sejak Juli sampai Desember 2023. Gedung kuliah bersama ini dirancang untuk menjadi pusat kegiatan akademik dan penelitian di bidang olahraga dan kesehatan serta memberikan ruang yang nyaman dan modern untuk kegiatan perkuliahan dan penelitian mahasiswa maupun dosen.
Gedung Terpadu Psikologi Olahraga UNESA sudah mulai digunakan untuk Fakultas Psikologi dan Sekolah Pascasarjana sejak Januari 2024. Sementara itu, gedung kuliah bersama olahraga dan kesehatan siap difungsikan pada tahun ajaran baru 2024/2025 oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
“Kami berharap bahwa keberadaan gedung-gedung ini akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam mendukung kegiatan akademik dan penelitian di UNESA,” ujarnya.
Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si., mengungkapkan rasa syukur dan senang terhadap tuntasnya pembangunan kedua gedung tersebut. Dia menambahkan, di tahun 2024 ini mahasiswa yang mendaftar jurusan psikologi peminatnya sangat banyak.
Psikologi menduduki peringkat kedua sebagai prodi dengan peminat terbanyak di UNESA. Total ada 7 lantai di Gedung Psikologi, lantai 4, 5, dan 6 sebagian besar adalah ruang laboratorium. Sedangkan di lantai 3 adalah ruang pimpinan dan jajarannya.
“Di lantai 4,5, dan 6 60% nya lebih banyak digunakan untuk ruang lab, seperti lab olahraga, lab meditasi, lab pembelajaran, dan lab diagnostik. Lab kami bekerja sama dengan FIKK untuk memfasilitasi lab pembelajaran,” bebernya.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Suharti mengapresiasi pembangunan gedung-gedung baru tersebut. Gedung-gedung ini merupakan simbol dari kegigihan pak rektor sebagai pemimpin di UNESA, karena pembangunan gedung lebih cepat terselesaikan dari tenggat waktu yang telah ditetapkan.[]
***
Reporter: Fionna Ayu Shabrina (FMIPA)
Editor: @zam*
Foto: Tim HUMAS UNESA