01 April 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Sebanyak 213 mahasiswa program sarjana (s-1) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) tampak bahagia kemarin, Kamis (31/3/2022). Mereka mengikuti yudisium secara hybrid sebagai tanda akhirnya studi dan menyandang gelar sarjana.
Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Wiwik Sri Utami, M.P memaparkan bahwa 213 mahasiswa yang lulus itu datang dari berbagai prodi sebagai berikut:S-1 PPKn, 40 mahasiswaS-1 Pendidikan Geografi 29 mahasiswaS-1 Pendidikan Sejarah 18 mahasiswaS-1 Ilmu Administrasi Negara ada 43 mahasiswaS-1 Ilmu Hukum 28 mahasiswaS-1 Sosiologi 21 mahasiswaS-1 Ilmu Komunikasi 28 mahasiswa, danS-1 Pendidikan IPS 6 mahasiswa.Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, MA., dalam sambutannya mengatakan bahwa setelah para mahasiswa diyudisium dan dinyatakan sebagai sarjana akan memiliki tanggung jawab moral untuk berkolaborasi atau bergotong royong dan mengabdi untuk negeri.
Harapannya yudisium ini bisa saling sharing dan berbagi cerita untuk teman-teman yang lain. “Karena kalian memiliki cerita yang bermacam-macam sehingga sampai detik ini bisa menyelesaikan kuliah dan itu pasti perjalanannya berliku-liku,” ungkapnya.
Pada kesempatan itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Bambang Sigit Widodo, S.Pd., M.Pd. membacakan keputusan dan penetapan nama mahasiswa lulusan terbaik bidang akademik dan non-akademik.
Yudisiawan yang mendapatkan lulusan terbaik bidang akademik di masing-masing prodi yakni;Ririn Hidayati dari prodi S-1 PPKn dengan IPK 3,74,Zidni Ilma Lailatin Safaroh dari prodi S-1 Pendidikan Geografi dengan IPK 3,68,Salman Handrianto Yuwono dari prodi S-1 Pendidikan Sejarah dengan IPK 3,61,Ni Putu Ruslina Darmayanthi dari prodi S-1 Ilmu Administrasi Negara dengan IPK 3,89,Mega Citra dewi dari prodi S-1 Ilmu Hukum dengan IPK 3,77,Lussy Yuris Frasticha dari prodi S-1 Sosiologi dengan IPK 3,74,Riky Rakhmadani dari prodi S-1 Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,81, danJulia Kumala Asri Drakel dari prodi S-1 Pendidikan IPS dengan IPK 3,71.Sedangkan yudisiawan dengan lulusan terbaik bidang non-akademik yakni;Didin Fatmawati Sukma dari prodi S-1 PPKn dengan TKM 2700,Zidni Ilma Lailatin Safaroh dari prodi S-1 Pendidikan Geografi dengan TKM 3005,Awaalussalma Rusdianty dari prodi S-1 Pendidikan Sejarah dengan TKM 9165,Ni Putu Ruslina Darmayanthi dari prodi S-1 Ilmu Administrasi Negara dengan TKM 2465,Melanda Margareta Kalakik dari prodi S-1 Ilmu Hukum dengan TKM 1640,Retno Aprin Cahyani dari prodi S-1 Sosiologi dengan TKM 1435,Riky Rakhmadani dari prodi S-1 Ilmu Komunikasi dengan TKM 2990, danFittriya Kussuma Wardani dari prodi S-1 Pendidikan IPS dengan TKM 1200.Perwakilan yudisiawan FISH, Ni Putu Ruslina Darmayanthi menyampaikan sambutannya. Ia menuturkan bahwa acara yudisium ini merupakan bagian dari proses untuk menjadi individu yang lebih baik lagi agar semakin kuat dan lebih dewasa untuk menghadapi rintangan-rintangan baru ke depan.
Dalam proses mengejar mimpi atau cita-cita itu mungkin sangat capek. Baginya, tak perlu dipaksakan untuk berlari karena semua orang punya waktunya masing-masing. Tuhan memiliki rencana baik untuk umatnya.
“Yang perlu kita lakukan adalah terus berusaha, tetap melakukan yang terbaik, dan terus berdoa. Terima kasih kepada UNESA, dosen dan teman-teman semuanya, terutama kepada orang tua. Berkat semuanya kami bisa sampai di titik ini,” tambahnya. [Humas UNESA]
Penulis: Aida
Editor: @zam*