31 March 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Jelang Ramadhan, pemerintah mempercepat pemberian vaksin dosis tiga booster di seluruh daerah. Rabu kemarin dan hari ini (30-31 Maret 2022), Universitas Negeri Surabaya bersama Puskesmas Made, Surabaya gelar vaksin booster untuk civitas academica UNESA. Vaksinasi tersebut digelar di Gedung LP3 UNESA Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Ketua SMCC, Dr. Diana Rahmasari, S.Psi.,M.Si., mengatakan bahwa hari pertama, ada 600 dosis yang disediakan. Sementara untuk hari kedua ada sekitar 300 dosis yang disuntikkan. “Ternyata, antusiasme civitas cukup tinggi, hari pertama dosis habis jelang siang, karena itu kita siapkan lagi hari ini 300 dosis,” ucapnya.
Dia melanjutkan, vaksinasi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan imunitas civitas academica sehingga tidak gampang terpapar pandemi maupun virus yang mengancam kesehatan. Selain itu, juga sebagai persiapan UNESA menyambut penyelenggaraan perkuliahan tatap muka terbatas (hybrid) sekaligus tradisi mudik lebaran. “Utamanya untuk meningkatkan imun, kemudian karena berkaitan dengan aturan hybrid, PPm dan syarat untuk mudik,” tambahnya.
Vaksinasi sengaja dikebut sebelum masuk bulan suci Ramadhan, agar tidak mengganggu ibadah puasa. Namun, bagi masyarakat yang masih ingin melakukan vaksinasi pada bulan puasa dapat langsung mendaftarkan vaksinasi di puskesmas-puskesmas yang menyediakan. “Untuk kekebalan tubuh, biar kesehatan tetap terjaga dan mau ke mana pun bisa. Namun, ya itu, tetap prokes itu penting,“ ujar Muatiroh, salah satu penerima vaksin. [Humas UNESA]
Penulis: Hasna
Editor: @zam*