22 March 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) selenggarakan Healt Promoting UNESA (HPU): Roadshow Program Kampus Sehat Unesa 2022 pada Senin, 21 Maret 2022. Tujuannya untuk mendorong civitas academica bersinergi menerapkan dan menebarkan budaya hidup sehat. Kegiatan ini merupakan program Kementerian Kesehatan RI yang bekerja sama dengan UNESA dan Unair.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNESA, Dr. Agus Hariyanto, M.Kes., menyampaikan bahwa program HPU ini menjadi wadah bersama untuk mewujudkan lingkungan kampus yang makin sehat, bersih dan nyaman bagi semua. Kampus tidak bisa hanya sehat sendiri, tetapi juga mampu menjadi inspirasi dan menebarkan semangat sehat kepada masyarakat sekitar.
“Menyongsong UNESA menjadi PTN-BH, perlu beradaptasi dengan berbagai situasi dan salah satu terobosan yang kita lakukan adalah mengedepankan HPU ini untuk menjaga marwah kampus agar tetap bahkan makin sehat dan bersih,” ujarnya.
Adapun beberapa upaya UNESA selam ini untuk menciptakan suasana kampus yang bersih dan asri, di antaranya menyediakan ‘ruang terbuka hijau’ yang terkoneksi dengan laboratorium merdeka belajar dan kampus merdeka. Itu didukung dengan program eco-campus yang semakin digalakkan di tiap fakultas.
“Tidak hanya sehat dan bersih, tetapi kita upayakan juga nyaman, termasuk ramah bagi teman-teman kita yang disabilitas,” paparnya.
“Kita juga ada Duta Kampus Sehat yang berperan dalam sosialisasi dan edukasi kampus sehat di kalangan mahasiswa termasuk mahasiswa baru,” tambahnya.
Pada kesempatan itu, Dr. Sifak Indana, M.Pd, pemateri pertama menyampaikan materi terkait Violence Bullying and Sexual Harrasment. Materi kedua yaitu tentang ‘Green Environment and Disable Friendly Inisiative’ oleh Anindya Mar'atus Sholikhah, S.KM., M.Kes.
Kenapa materi itu dibahas? Menurut Anindya, karena program green unesa merupakan program utama dari HPU unesa dan menjadi peningkatan derajat kesehatan seluruh civitas akademika unesa. Keadaan fisik, mental dan kesejahteraan sosial yang merupakan satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan, tetapi juga menyangkut lingkungan sekitar. Untuk materi terakhir, Aktivitas Fisik dan Gizi Seimbang disampaikan Indra Himawan Susanto, S.Or., M.Kes. [Humas UNESA]
Penulis: Muhammad Haikal Shamim Waskito
Editor: @zam*