15 March 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Sebanyak 21 lulusan program studi Gizi, Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dikukuhkan dan diambil sumpah profesi Nutrisionis oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Ahli Gizi Jawa Timur (DPD Persagi Jatim), Arif Kresna Setiadi, S.Gz di Auditorium Lantai 3 FT pada Selasa 15 Maret 2022.
Dekan Fakultas Teknik Dr. Maspiyah, M.Kes pada kesempatan itu menyampaikan bahwa sumpah profesi merupakan acara ‘sakral’. Di mana, setiap penyumpah berikrar dengan penuh kesadaran untuk setia dan bertanggung jawab pada profesinya. “Saya berpesan, setelah dilantik harus berperan aktif dan terlibat dalam upaya perbaikan gizi dan menurunkan angka stunting di tengah masyarakat. Profesi itu juga soal kontribusi kita kepada masyarakat. Saya percaya, peserta yang dilantik mampu membuktikan itu,” ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris DPD Persagi Jatim Arif Kresna Setiadi, menyampaikan kepada peserta yang dikukuhkan agar mampu menjiwai dan melaksanakan tugas serta tanggung jawab profesi. “Dunia gizi dapat terwujud bersama dengan adanya kerja sama seluruh elemen, terlebih untuk menurunkan stunting dan obesitas. Ini tugas kita bersama,” paparnya.
Menurutnya, berbicara soal gizi, tidak untuk satu atau dua tahun saja, tetapi berkelanjutan dan berkepanjangan. Bisa 5 sampai 10 tahun ke depan. Dengan peningkatan kualitas gizi, akan menentukan kualitas sumber daya manusia Indonesia.
Dia berharap kepada kepada mahasiswa gizi maupun yang dikukuhkan agar meningkatkan memiliki kompetensi bidang gizi secara berkelanjutan; mendiagnosa, menyelesaikan, dan monev gizi serta meningkatkan kompetensi komunikasi guna mempermudah untuk memberikan edukasi gizi, melayani masyarakat, serta meningkatkan kualitas gizi.
Ketua prodi Gizi Dra. Veni Indrawati, M.Kes menyampaikan rasa bangganya pada lulusan yang berhasil menyelesaikan serangkaian program akademik hingga selesai sampai dikukuhkan dan diambil sumpah profesi. “Kami sangat bahagia, karena dengan sumpah ini, lulusan kami sudah mendapatkan semacam legitimasi dan pengakuan atas kompetensi dan profesinya,” ucapnya. Acara tersebut dihadiri jajaran dekan dan wakil dekan, jajaran jurusan dan prodi Gizi. [Humas UNESA]
Penulis: Riska Umami
Editor: @zam*