27 February 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (UNESA) selain memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan, olahraga dan disabilitas, juga unggul dalam bahasa dan seni lewat peran penting Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Fakultas tersebut terus membuktikan diri sebagai salah satu gudang prestasi UNESA baik di tingkat nasional maupun internasional.
Dekan FBS, Dr. Trisakti, M.Si mengatakan bahwa fakultas yang sebelumnya bernama Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) ini merupakan tonggak berdirinya UNESA pada 1964 yang hingga saat ini memiliki 14 program studi (prodi) sebagai berikut;S-1 Pendidikan Bahasa IndonesiaS-1 Pendidikan Bahasa InggrisS-1 Pendidikan Bahasa JermanS-1 Pendidikan Bahasa JepangS-1 Pendidikan Bahasa MandarinS-1 Pendidikan Bahasa JawaS-1 Pendidikan SendratasikS-1 Pendidikan Seni RupaS-1 Seni MusikS-1 Seni Rupa MurniS-1 Desain Komunikasi Visual (DKV)S-1 Sastra InggrisS-1 Sastra IndonesiaS-1 Sastra Jerman“FBS termasuk incaran banyak pendaftar. Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, prodi dengan peminatan tertinggi di FBS yaitu ada Sastra Inggris, Desain Komunikasi Visual, Sastra Indonesia termasuk Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kemudian ada juga yang baru-baru ini mendapat akreditasi internasional,” paparnya dalam UNESA Virtual Campus Expo (UVCE), pada Senin, 21 Februari 2022.
Dr. Mintowati, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik menambahkan, adapun empat prodi yang mengantongi akreditasi internasional, The Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs (AQAS) yaitu; S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, S-1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S-1 Sastra Inggris.
Dia menambahkan, seluruh prodi FBS memiliki laboratorium masing-masing. Program studi bahasa memiliki laboratorium bahasa, lalu seni rupa murni memiliki lab tersendiri sesuai dengan mata kuliah yang diikuti. “Terdapat banyak sekali laboratorium di FBS. Ada Lab Batik, Lab Sablon, Lab Tari dan sebagainya yang dilengkapi fasilitas yang mumpuni,” terangnya.
FBS memiliki banyak beasiswa dan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri, salah satunya dengan Central China Normal University (CCNU), Wuhan. Lewat kerja sama tersebut, setiap tahun FBS mengirim mahasiswa lewat program pertukaran pelajar, magang hingga studi lanjut di sana. “Salah satu rogram unggulan FBS yaitu Permata Sakti di mana mahasiswa dapat belajar di universitas lain di Indonesia,” ungkapnya.
Dr. Anik Juwariyah, M.Si., Selaku Ketua Jurusan Sendratasik menyampaikan bahwa untuk urusan prestasi, FBS salah satu fakultas yang mendulang banyak prestasi untuk UNESA. FBS punya Gita Pramawisesa (Paduan Suara UNESA) yang rutin meraih juara di tingkat internasional, terbaru mengantongi gold winner pada Bali Internasional Fair. Selain itu, untuk mendukung perkuliahan, FBS memiliki 12 macam unit kegiatan mahasiswa (UKM) sebagai wadah pengembangan potensi dan keterampilan mahasiswa. [Humas UNESA]
Penulis : Anggun
Editor: @zam