26 February 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memiliki banyak prodi unggulan baik sarjana terapan (D-4), sarjana (S-1) maupun program pascasarjana. Pascasarajana UNESA menjadi salah satu yang terbaik di tanah air. Hal itu disampaikan Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Wasis, M.Si., dalam UNESA Virtual Campus Expo (UVCE) pada 23 Februari 2022.
Prof. Wasis menambahkan, melanjutkan studi ke pascasarjana, baik itu S-2 maupun S-3 merupakan tuntutan, tidak hanya tuntan kualifikasi kerja di sektor tertentu, tetapi juga tuntan kehidupan. Baginya, menutut ilmu merupakan suatu keharusan. Sebab, dunia semakin maju dan kompleks, dibutuhkan cara pandang dan berpikir yang komprehensif dalam menyelesaikan kompleksitas kehidupan dan itu didapatkan di pascasarjana.
“Studi lanjut di pascasarjana itu didesain untuk menghasilkan lulusan yang kreatif dan memiliki karya inovatif, bahkan lulus doktor tidak hanya memiliki kecakapan secara akademik, tetapi harus punya karya yang baru untuk memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat. Karena mahasiswa pasca harus melakukan riset dengan multi, inter maupun transdisiplin,” terangnya.
Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Nining Widyah Kusnanik, S.Pd., M. Appl.Sc., menyampaikan bahwa ada 22 prodi S-2 dan 8 prodi S-3. Prodi sebagai berikut;
Dia menambahkan, di antara prodi tersebut, bebarapa di antaranya seperti Prodi S-3 Teknologi Pendidikan terakreditasi unggul. Selain itu beberapa prodi lain sedang proses menuju akreditasi internasional. “Dengan beberapa keunggulannya, pendaftar pascasarjana setiap tahunnya terus meningkat,” terangnya.
Wakil Direktur Bidang Umum, Prof. Dr. Suparji, M.Pd., menjelaskan, Pascasarjana UNESA berlokasi di Unesa Kampus Lidah Wetan, Surabaya. Memiliki gedung berlantai sembilan disertai berbagai fasilitas yang memadai dan menunjang proses kuliah.
Dia menambahkan, pascasarjana memiliki dua skema perkuliah, pertama program reguler dengan jadwal perkuliahan reguler atau jam kerja. Kedua, program nonreguler dengan skema jadwal kuliah di luar jam kerja. “Bagi para pekerja yang misalnya mau lanjut studi amat sangat bisa kuliah di program nonreguler di luar hari kerja dan lebih fleksibel,” paparnya.
Ditambahkan Prof Suparji, tahun 2021 Pascasarjana UNESA dipercaya untuk menjalankan program kerja sama dengan negara-negara berkembang, di mana mahasiswa dari beberapa negara belajar di pascasarjana UNESA. Bagi calon mahasiswa yang hendak mendaftar di program Pascasarjana UNESA, bisa mengakses syarat, ketentuan serta gelombang pendaftaran di lama Pascasarjana UNESA. [Humas UNESA]
Penulis: Faizur Rahmatin
Editor: @zam*