01 February 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Jerman dan S-1 Sastra Jerman UNESA berkolaborasi dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jerman Kabupaten Sidoarjo mengadakan workshop pengembangan kompetensi guru Bahasa Jerman. Acara tersebut diadakan pada akhir 2021.
Pelatihan itu diikuti para guru Bahasa Jerman tidak hanya dari Sidoarjo, tetapi juga dari Surabaya, Mojokerto, Jombang, Bangkalan, Kediri dan dari Lombok pun ada. Outputnya, para guru menulis best practice yang nantinya dikumpulkan dan diterbitkan menjadi buku.
Yunanfathur Rahman, SS, MA., Kaprodi S-1 Sastra Jerman menuturkan, dari keseluruhan peserta, sebagian ada yang masih proses menulis dan belum terkumpul. Naskah yang sudah terkumpul dan menjadi buku yaitu karya MGMP Bahasa Jerman, Sidoarjo.
Buku yang berhasil diterbitkan yaitu, 1) Bunga Rampai Perencanaan Pembelajaran yang Baik: Guru Bahasa Jerman Menginspirasi. Buku ini berisi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Bahasa Jerman dengan tema materi pembahasan yang bervariasi. Tercantum juga pengalaman implementasi yang bisa menjadi acuan dalam merencanakan suatu pembelajaran yang aktif dan inspiratif.
RPP yang dibahas dan dimuat dalam buku tersebut merupakan yang terbaik dari semua RPP yang dibuat oleh guru Bahasa Jerman dan sudah diseleksi sedemikian rupa. 2) Bunga Rampai Perencanaan Pembelajaran yang Baik: Guru Bahasa Jerman Menginspirasi. Buku kedua ini membahas berbagai sisi tentang peserta didik dan lingkungan sekolah yang harus dipahami para guru.
Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd., dosen S-1 Pendidikan Bahasa Jerman yang terlibat dalam pelatihan itu menyatakan bahwa, dengan peluncuran buku ini diharapkan dapat membantu guru Bahasa Jerman dalam membuat RPP serta menerapkan pembelajaran yang efektif, menginspirasi dan memotivasi peserta didik. Selain itu, buku ini juga bisa menjadi referensi bagi calon guru terutama mahasiswa pendidikan.
Terwujudnya dua buku ini membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Banyak pihak yang terlibat. Mulai dari guru-guru Bahasa Jerman sampai mahasiswa dan dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Jerman UNESA sebagai penyunting.
“Rencananya, buku ini segera dirilis dan disebarluaskan bagi pembaca terutama bagi guru mata pelajaran Bahasa Jerman. Kami berharap karya kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi pembaca dan khalayak,” kata Dwi Imroatun Julaikah.
Ketua MGMP Bahasa Jerman Kab. Sidoarjo, Jeki Purnami, S.Pd menyampaikan bahwa kolaborasi dari pelatihan hingga penerbitan karya dalam bentuk buku tersebut sangat bermanfaat dan membantu para guru, utamanya guru Bahasa Jerman dalam berbagi pengalaman belajar dan mengajar.
Ke depan, kolaborasi tersebut akan berkonsentrasi pada perencanaan, perancangan dan strategi pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jerman yang menyenangkan bagi siswa. Salah satu yang dikembangkan yaitu belajar bahasa Jerman lewat lagu.
Kegiatan tersebut melibatkan para dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Jerman dan Pendidikan Bahasa Jerman UNESA di antaranya Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd., Yunanfathur Rahman, S.S., M.A., Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum dan Audrey Gabriella Titaley, S.Pd., M.Hum. [Humas UNESA]
Foto: Foto bersama dosen bahasa Jerman bersama guru bahasa Jerman se- Sidoarjo (Dokumentasi Pribadi)