25 January 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Tekan laju penyebaran Covid-19 varian Omicron, pemerintah mendorong percepatan vaksinasi booster secara bertahap di seluruh lapiran masyarakat. Civitas academica Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mendapat jatah vaksinasi booster pada Selasa, 25 Januari 2022 di Atlas Club, Surabaya.
Kuota yang didapatkan yaitu sebanyak 1.000 orang yang dikhususkan bagi tenaga kesehatan dan tenaga pendidik UNESA. Jenis vaksin yang didapatkan yaitu moderna untuk penerima yang sebelumnya mendapat vaksin astrazeneca dosis pertama dan kedua.
Vaksinasi booster tersebut selain untuk mengantisipasi dan menekan penularan Omicron sekaligus sebagai persiapan untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka terbatas di UNESA. “Meski sudah vaksin dosis tiga, tentu saya harapkan kepada semuanya agar tetap menjaga prokes baik di kampus maupun di luar kampus,” ujar Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.
Cak Hasan menambahkan, vaksinasi merupakan bagian dari ikhtiar. Adapun ikhtiar lain yang juga menjadi kunci agar tidak terpapar pandemi yaitu taat prokes dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat di mana pun. “Kalau kita mau jujur, pandemi ini mengajarkan pada kita pentingnya pola hidup bersih dan sehat sehari-hari,” jelasnya.
Dia berharap, dengan pemberian vaksin dosis tiga tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi civitas academica dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi selama pandemi.
Cak Hasan menambahkan, pemberian vaksin dosis tiga untuk civitas academica UNESA juga akan kembali dilaksanakan dalam waktu dekat. Vaksin booster ini dilakukan sebagai bentuk upaya bersama menjamin peningkatan imunitas civitas academica di tengah masa pandemi yang masih mengancam.
“Dengan adanya varian baru ini, panik jangan, waspada boleh! Intinya kita tetap waspada dan adaptasi. Meski gerak terbatas, kita harus tetap berkarya dan berinovasi untuk Unesa satu langkah di depan,” tuturnya. [Humas UNESA]
Reporter: Hasna
Editor: @zam*