21 January 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Pendaftaran masuk perguruan tinggi kian dekat, SMA maupun SMK mulai melakukan kunjungan ke kampus-kampus favorit tujuan para siswanya nanti melanjutkan studi. Seperti yang dilakukan SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik misalnya, sebanyak 31 siswa kelas XII dan 8 guru pendamping berkunjung ke UNESA pada Kamis, 20 Januari 2022.
Rombongan itu disambut jajaran Satuan Admisi dan UPT Humas di Lantai 4, Gedung T14, Fakultas Bahasa dan Seni, UNESA Kampus Lidah Wetan. Pada kesempatan itu, perwakilan dari guru bimbingan konseling SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik, Basori, mengutarakan, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menampung informasi yang berkaitan dengan sistem pendaftaran dan perkuliahan di UNESA.
Dengan begitu, pihak sekolah punya refrensi dan standar dalam mempersiapkan para siswa dan siswinya sehingga bisa lolos dan kuliah di UNESA. Selain itu, informasi dan wawasan seputar kampusnya para juara itu bisa meningkatkan motivasi belajar para peserta didik. “Terima kasih atas sambutan yang hangat ini, kami harap nanti para siswa dan siswi bisa termotivasi belajar dan mempersiapkan diri untuk merebut kursi masuk ke sini (UNESA, red),” ucapnya.
Kepala UPT Humas UNESA, Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., menyampaikan beberapa informasi mengenai profil UNESA dan jurusan-jurusan dengan keketatan tertinggi di tiap fakultas. “UNESA saat ini menyandang akreditasi A. Sama dengan lembaga dan institusi yang lain, akreditasi menjadi satu di antara prestasi yang harus dipertahankan demi menjaga kualitas dan citra kampus di mata masyarakat,” tuturnya.
Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A., selaku Tim Satuan Admisi Universitas Negeri Surabaya menyampaikan, jalur masuk yang bisa ditempuh untuk bisa berkuliah di UNESA, di antaranya SNMPTN, SBMPTN, dan SPMB. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan informasi-informasi terkait strategi dan peluang untuk menjadi mahasiswa UNESA.
“Dalam pengelolaan jalur mandiri, kami lebih fleksibel dengan mengadakan beberapa jalur-jalur prestasi dan khusus yang akan memberikan keleluasaan bagi teman-teman yang memiliki potensi-potensi baik dan bisa bersaing sesama pemilik prestasi. Contohnya prestasi keagamaan dan olahraga,” terangnya.
UNESA akan meningkatkan kuota dengan signifikan dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Dengan begitu UNESA akan lebih mudah digapai bagi para siswa yang ingin melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri. [Humas UNESA]
Reporter: Amalia
Editor: @zam*