26 November 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA–Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNESA bekerja sama dengan PSSI menggelar Kursus Lisensi D Sepak Bola untukk Mahasiswa PKO FIO yang mengambil cabor sepak bola. Kursus ini diselenggarakan pada Jumat, 26 November 2021 di Gedung FIO, Unesa Kampus Lidah Wetan. Kursus tersebut berlangsung selama tiga hari dan dua gelombang yang masing-masing diikuti 30 mahasiswa.
Dr. Imam Syafi’I, M.Kes selaku Dosen PKO mengungkapkan bahwa tujuan dari kursus tersebut untuk membekali mahasiswa PKO yang mengambil spesialisasi sepak bola agar mendapatkan sertifikat pelatihan. Mulai dari lisensi D, C dan B. “Insya Allah sampai lulus,” ucapnya. Lisensi D hingga B ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki kewenangan untuk mengajar, melatih di sekolah–sekolah maupun di klub-klub Sepak bola. Para mahasiswa yang sudah memiliki lisensi juga dapat melatih di sekolah-sekolah khusus Sepak bola, akademi bahkan klub yang bertanding di skala nasional.
Selama tiga hari tersebut, para peserta belajar tentang sepak bola mulai dasar hingga bagaimana melatih sepak bola untuk anak-anak usia dini. “Fokusnya kan untuk usia dini” tambahnya. Dari pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat melatih secara professional di sekolah–sekolah sepak bola atau akademi sepak bola. Selama tiga hari pelatihan ini pula, para peserta akan mendapat materi langsung dari PSSI, Hanafing yang didampingi David Agus Prianto, S.Pd., M.Pd.
Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan skill mahasiswa PKO spesialisasi sepak bola dalam melatih anak–anak di usia dini, untuk nantinya akan menjadi atlet Sepak bola berkualitas tinggi. “Ini kan merupakan kerja sama dalam jangka panjang dengan spectrum yang luas, bukan hanya di pelatihan sepak bola, tetapi juga dalam perwasitan. Mudah-mudahan kerja sama dengan PSSI ini terus berlanjut, sehingga dapat menghasilkan pelatih, instruktur, wasit dan atlet dari alumni-alumni kita,” harapnya. (Humas UNESA)
Penulis: Hasna
Editor: @zam*