22 November 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Pengurus Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Kejuaraan Provinsi Cabang Olahraga Petanque ke-IV mulai 22-25 November 2021. Universitas Negeri Surabaya didaulat menjadi tuan rumah dalam kejuaraan yang digelar di Lapangan Petanque LP3 UNESA Kampus Lidah Wetan. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai rangkaian Dies Natalis ke-57 UNESA dengan tema ‘Tangguh bersama UNESA’.
Serangkaian kejuaraan itu diawali dengan defile kontingen dari 29 kabupaten di Jawa Timur. Kemudian pembacaan doa bersama yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Patriot Olahraga. Ketua Panitia Kejurprov IV Petanque Jawa Timur, Kholili, M.Pd. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua LP3 yang telah memfasilitasi ajang olahraga itu.
Untuk membangkitkan semangat peserta, ia menyerukan salam petanque bersama para kontingen. "Satu Boka Sejuta Saudara Satu Bosi Seribu Prestasi,” pekiknya yang sontak diikuti seluruh peserta. Tercatat ada sebanyak 250 peserta yang bertanding. Mereka turun di beberapa nomor pertandingan. Ada nomor Shooting Men & Women, Single Men & Women; Double Men, Women & Mix, Triple Men & Women, Triple Mix 2 Men 1 Woman serta 2 Woman 1 Men.
Sementara itu, Ketua Umum Pengprov FOPI Jawa Timur Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., dalam sambutan menyampaikan, kejuaraan tersebut beberapa tujuannya adalah untuk menemukan talenta dan mengasah bakat para atlet cabor petanque. Sekaligus sebagai upaya persiapan atlet menyambut kejuaraan nasional ke depannya.
“Kalau gak latihan dan melatih diri lewat kompetisi, sulit berkembang, karena itu kompetisi ini salah satu persiapan agar atlet bisa berprestasi untuk kepentingan Jatim dan Indonesia ke depannya,” tuturnya. Menurutnya, meraih prestasi, tidak bisa hanya mengandalkan bakat, tetapi juga harus disertai dengan latihan yang sistematis dan tekun. “Kuncinya ada di situ, kita bisa karena biasa,” tukasnya.
Kejuaraan itu resmi dibuka lewat pelemparan bola petanque (bosi) pertama oleh pria yang biasa disapa Cak Hasan itu. Kemudian dilanjutkan dengan lemparan bosi kedua oleh Kepala Dispora Jawa Timur. Pertandingan resmi berjalan. “Bertandinglah seperti kamu berlatih, berlatihlah seperti kamu bertanding,” pesan Rektor UNESA. [Humas UNESA]
Reporter: Nabila dan Diah
Editor: @zam*