09 November 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Sebanyak 9 mahasiswa dan pelatih Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berhasil membawa pulang dua medali emas dalam ajang Kejuaraan Nasional Cabang Olahraga Petanque 2021 yang diselenggarakan di Lapangan Petanque, Universitas Negeri Jakarta pada 6-7 November 2021. Kejurnas yang sempat vakum dua tahun karena pandemi itu diikuti sebanyak 124 peserta dari 28 perguruan tinggi yang tersebar di 17 provinsi.
Tim UNESA Dominasi Double Mix
Kompetisi tersebut digelar dalam tiga kategori, ada double mix, double women dan double men. Pada kesempatan itu, tim UNESA berhasil bersaing dengan berbagai tim dari perguruan tinggi lainnya. Pada kategori Double Mix, tim empat (4) UNESA yang terdiri dari Dhoni Wahyu Trisbiantoro dan Sephiya Febriyanti berhasil mengamankan posisi juara satu.
Kemudian lewat perjuangan tim tiga (3) UNESA yang terdiri dari Mukosym dan Putri Rarahdilah juga berhasil menduduki posisi kedua di kategori yang sama. Tim dua (2) UNESA beranggotakan Raca Prayu Nada dan Nihaya Zul Farida juga berhasil meraih posisi tiga bersama tim dari Universitas Negeri Jakarta. Tidak sampai di situ, pada kategori Double Women, tim dua (2) UNESA yang terdiri dari Sephia Febriyanti dan Nihaya Zul Farida berhasil menduduki posisi pertama. Lalu juara dua dan tiga, masing-masing diraih oleh Unja, Unsil dan tim dari Universitas Negeri Warmadewa.
Emas Pertama Sejak 2015
Mahasiswa dan pelatih tersebut disambut langsung jajaran pimpinan UNESA di Rektorat UNESA Kampus Lidah Wetan pada Selasa, 09 November 2021. Pada kesempatan itu, Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., mengapresiasi atas capaian para mahasiswa dan pelatih cabang olahraga Petanque UNESA yang akhirnya berhasil memboyong banyak juara pada kerjunas tersebut. Capaian tersebut tidak didapat dengan mudah, tetapi tentu lewat kerja keras, latihan dan keringat. “Proses itu tidak menghianati hasil dan hasilnya ini luar biasa sekali. Apalagi ini emas pertama sejak 2015,” ujarnya.
Rektor Beri Beasiswa Lagi
Menurutnya, meski cabang olahraga yang berasal dari permainan tradisional Prancis itu menjadi olahraga wajib sejak 2011 di Indonesia. Namun, belum terlalu dikenal luas masyarakat. Karena itu, lewat prestasi tim UNESA bisa semakin menyemarakkan lagi cabor tersebut di tengah masyarakat dan menginspirasi banyak mahasiswa lain dan generasi untuk meraih prestasi di berbagai event-event olahraga tingkat nasional maupun internasional.
“UNESA harus menjadi center excellence bidang olahraga dan menjadi penggerak kemajuan serta meningkatkan prestasi olahraga di Jawa Timur dan Indonesia,” tuturnya semangat. Kepada para mahasiswa tersebut, Rektor UNESA janjikan beasiswa sebagai bentuk apresiasi dan menyemangati agar semakin giat berlatih dan meraih prestasi lagi ke depannya. Beasiswa tersebut dalam bentuk keringanan UKT.
UNESA Tuan Rumah Kejuaraan Terbuka Petanque
Guna membumikan cabor Petanque, UNESA saat ini tengah mempersiapkan penyelenggaraan kejuaraan terbuka petanque seluruh Indonesia yang bisa diikuti masyarakat umum. Kejuaraan tersebut rencananya diadakan pada 26-27 November 2021 di UNESA Kampus Lidah Wetan. Sebagai informasi, Pétanque merupakan cabor yang dimainkan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang diletakkan di depan pemain sebagai sasaran dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan secara individu maupun beregu bisa di rerumputan, pasir, atau permukaan tanah lain. [Humas UNESA]
Penulis: Tim Humas UNESA
Editor: @zam*