07 November 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (BEM UNESA) menggelar Dialog Tokoh Nasional pada Sabtu, (06/11/21) dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, yakni Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd, Wakil Dekan Tiga Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA dan Dedi selaku tokoh pergerakan mahasiswa nasional.
Bambang mengutarakan bahwa kondisi covid sudah melandai dan kondisi beberapa sektor mulai membaik. Ketimbang sebelumnya, pada masa PPKM berjilid-jilid, suasana cukup menghawatirkan di berbagai sektor. Pariwisata dan ekonomi sempat terpuruk. Seperti di Legian, Bali dan beberapa tempat lain sepi pengunjung.
Dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah saat ini, secara umum sudah menunjukkan tren yang cukup baik dan perlahan mulai pulih. “Kuncinya ada di penerapan prokes, vaksin dan perilaku hidup bersih dan sehat. Kalau itu tidak kita perhatikan, pandemi bisa kembali lagi, tetapi kita berharap tidak dan semoga ini yang terakhir,” ucapnya.
Sementara itu, Dedi selaku tokoh pergerakan mahasiswa nasional, mengutarakan jika langkah-langkah yang dilakukan pemerintah sudah cukup baik. “Hal ini dibuktikan dengan penurunan kasus Covid-19,” tuturnya.
Peran pemuda sangat penting dalam melawan pandemi. Pemuda punya peran mengedukasi masyarakat, maupun peran strategis seperti memajukan ekonomi masyarakat lewat UMKM yang dapat mendorong terbukanya lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat.
“Sektor ekonomi saya soroti, karena ini bukan hanya lingkup makro melainkan juga mikro, UMKM belum pulih secara signifikan, tetapi beberapa daerah saya lihat sudah melai tumbuh,” tuturnya. (Humas UNESA)
Reporter: Madina
Editor: @zam*