28 October 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di daerah-daerah, salah satunya bisa dengan mengoptimalkan program pengabdian kepada masyarakat seperti yang dilakukan tim dosen jurusan Manajemen Pendidikan UNESA di Kabupaten Probolinggo beberapa waktu lalu.
Mereka memberikan pelatihan (in job) dan pendampingan (on job) penyusunan rencana pengembangan sekolah (RPS) kepada para kepala sekolah dan tim pengembangan sekolah di bawah naungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.
Aditya Chandra Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ketua PKM menyatakan, kegiatan pelatihan terdiri dari tahap penyampain materi dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman seputar hasil riset terdahulu dan best practice terkait mekanisme penyusunan model rencana pengembangan sekolah.
Kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatan RPS yang sesuai standar. Adapun rambu-rambu rencana program pengembangan sekolah minimal memenuhi delapan standar nasional pendidikan; 1) judul pengembangan sekolah, 2) latar belakang pengembangan sekolah, 3) tujuan pengembangan sekolah, 4) indikator, 5) program pengembangan sekolah, 6) hasil yang diharapkan, 7) sumber daya yang diperlukan, 8) langkah-langkah kegiatan, dan 9) penutup.
Selain pelatihan langsung, juga ada program pendampingan secara online hingga mitra memiliki rencana pengembangan sekolah sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran setiap sekolah. Pendampingan secara online tersebut juga untuk memastikan produk yang dihasilkan dapat bermanfaat dan diterapkan langsung oleh kepala sekolah dan tim pengembangan di sekolahnya masing-masing.
Dia berharap, pelatihan RPS tersebut dapat mendorong daya saing antar sekolah di wilayah Probolinggo baik dari sisi input-output bahkan outcome. Selain itu, meningkatnya kualitas sarana dan prasarana setiap sekolah mendukung proses layanan PBM dan mendorong peningkatan kualitas layanan pendidikan, dari sisi dokumen sekolah di daerah-daerah.
Pelatihan tersebut merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat tim dosen Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNESA yang terdiri dari Aditya Chandra Setiawan, S.Pd., M.Pd., Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd., Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd., Dr. Amrozi Khamidi, M.Pd., dan Mohammad Syahidul Haq, S.Pd., M.Pd. [Humas UNESA]