09 October 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA–LP3 UNESA kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan tahap 4 tahun 2021 pada 8-9 Oktober 2021 di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya. Rapat dihadiri Dr. Sujarwanto, M.Pd. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. H. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd Ketua LP3, dan Drs. Fatkur Rohman Kafrawi, M.Pd selaku Ketua Pusat PPG UNESA.
Selain itu, hadir 144 peserta yang terdiri atas tim admin LMS, tim ad-hoc, korpel, korbis, kepala sekolah dan para guru pamong yang nantinya akan terlibat dalam pelaksanaan PPG tahap 4. Dalam sambutannya, Fatkur Rohman Kafrawi menjelaskan tujuan dari terselenggaranya acara yakni sebagai upaya dalam mempersiapkan peserta PPG tahap 4 yang akan segera melaksanakan ujian komprehensif.
“Jika ujia komprehensif, tidak lulus, mahasiswa tersebut tidak bisa mengikuti PPL,” ujarnya. Selain itu, juga untuk menetapkan jadwal PPL yang akan dilaksanakan secara daring dibantu oleh para guru pamong. Fatkur menyebutkan ada sekitar 33 kelas yang akan berpartisipasi yang akan dibantu oleh 170 guru pamong. Asumsinya, satu kelas minimal 5 guru pamong. Sebanyak 225 dosen juga yang akan terlibat.
“Secara khusus telah kita ketahui bahwa PPG tahap 4 ini, kita menerima volume mahasiswa yang cukup besar. Sehingga tentu membutuhkan koordinasi yang lebih intens, agar sistem yang direncanakan berjalan dengan baik,” kata Bachtiar S Bachri.
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang besar atas terselenggaranya berbagai kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan mutu dan kualitas guru dalam memajukan pendidikan di Indonesia. “dengan kepercayaan ini, melalui program PPG ini, dapat maksimal dalam pembelajaran yang berkualitas, inovatif dan kreatif” ungkap Sujarwanto.
Ia juga menyampaikan harapan rektor untuk PPG UNESA. “Rektor berharap dalam workshop di kelas, pengalaman di sekolah dapat membimbing mahasiswa PPG untuk mendapatkan inovasi-inovasi baru. Hal tersebut dapat digali dari berbagai hasil penelitian maupun kajian ilmiah dari berabagai jurnal,” ucapnya. Sehingga pembelajaran yang dilaksanakan di PPG dapat berjalan dengan baik, selain itu juga pengalaman–pengalaman yang diberikan dapat menghantarkan para mahasiswa melewati ujian–ujian yang akan mereka hadapi untuk menjadi guru profesional. (hasna)