21 August 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Setiap tahun ajaran baru, Universitas Negeri Surabaya mengadakan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB). Sebelum kegiatan tersebut berlangsung, mahasiswa baru mendapatkan arahan teknis pelaksanaan PKKMB dalam acara Sosialisasi PKKMB 2021 pada Jumat (20/08/2021).
Acara yang digelar secara daring itu bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana PKKMB dilaksanakan sehingga mahasiswa tidak kebingungan pun dapat mempersiapkan diri untuk memahami materi-materi di dalamnya. Tentu harapannya agar PKKMB 2021 dapat berjalan lancar dan sukses.
Pada kesempatan itu, Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan PKKMB menjelaskan bahwa ada sebanyak 6.157 mahasiswa yang dinyatakan diterima dan telah registrasi di Universitas Negeri Surabaya dan akan mengikuti kegiatan PKKMB 2021.
Bambang berpesan agar calon mahasiswa mempersiapkan diri secara fisik dan mental dalam mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan pada 23-27 Agustus 2021 itu. “Kegiatan PKKMB ini termasuk dalam sistem penilaian non akademik (SIPENA). Sipena wajib bagi mahasiswa yang akan yudisium,” ujar Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISH itu.
Sementara itu, Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam sambutannya menyampaikan, kehidupan tersebut bukan perpeloncoan, tetapi kegiatan PKKMB akan mengantarkan calon mahasiswa dalam mengenal kehidupan kampus Unesa.
“Suatu kewajiban bagi semua mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan ini dan jangan takut karena PKKMB bukan perpeloncoan, tetapi kami mengantarkan adik-adik agar juga mendapatkan gambaran sistem belajar di Unesa, dan bagaimana menempuh studi sehingga bisa tuntas tepat waktu,” ujarnya.
Selain itu, Dr. Sifak Indana, M.Pd selaku narasumber pada acara tersebut menjelaskan, tema dan materi PKKMB daring Unesa 2021. Selain itu, juga tentang penerimaan mahasiswa baru, nama-nama pemateri PKKMB, penilaian PKKMB, komponen penilaian PKKMB, pengawasan dan evaluasi, tata tertib peserta PKKMB, sanksi, dan rincian penugasan berupa artikel ilmiah.
PKKMB daring 2021 mengusung tema “Menjadikan Mahasiswa Unesa yang Mampu Berpikir Kritis, Kreatif, Inovatif, Komunikatif, Tangguh dan Kolaboratif untuk Bergotong Royong Merajut Negeri Hadapi Pandemi”.
Acara pembukaan atau penerimaan mahasiswa baru, lanjutnya, akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2021 pukul 07.00-16.00 WIB secara luring dan daring. Ada perwakilan dari setiap fakultas sebanyak dua mahasiswa baru yang akan mengikuti secara luring, sedangkan calon mahasiswa yang lain mengikutinya secara daring.
Rencananya, kegiatan PKKMB tersebut dihadiri para pejabat pusat; Presiden RI, Ketua DPR RI, Menteri Pertahanan, Menpora, Gubernur Jawa Timur, dan lain-lain. Sebagian dari mereka ada yang bisa hadir secara daring dan adapula yang mengirim video ucapan khusus untuk menyambut mahasiswa baru tersebut.
Narasumber kedua, Rindu Puspita Wibawa, S.Kom, M.Kom., selaku perwakilan tim Pusat Pengembangan Teknologi Informasi (PPTI) menjelaskan tentang VINESA dan web PKKMB kepada calon mahasiswa untuk dapat mengakses semua materi, tempat pengumpulan tugas, tempat untuk calon mahasiswa melakukan presensi. Pada sesi ini, calon mahasiswa juga turut mempraktekkan apa yang dijelaskan perwakilan tim PPTI.
Pada laman web tersebut, calon mahasiswa akan mendapatkan penugasan pada setiap sesi setelah materi. “Apabila universitas yang menugaskan maka kalian upload pada menu tugas universitas setelah itu ada tombol upload yang bisa kalian gunakan untuk mengatur tugas dari penugasan universitas. Begitu juga apabila nanti diberikan penugasan dari fakultas maka klik menu tugas fakultas,” ujarnya.
Selanjutnya adalah terkait presensi pada Vinesa yang digunakan oleh civitas akademika yang ada di Unesa untuk pembelajaran secara daring atau jarak jauh. “Dalam Vinesa ini khusus untuk kegiatan PKKMB 2021 kami sudah mengkreditkan kelas, dalam kelas ini nanti akan terdapat materi-materi yang dibagikan,” katanya. (esti)