18 August 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) telah menjalin kerja sama dengan berbagai kampus dalam dan luar negeri baik melalui program pertukaran mahasiswa dan dosen, riset dan publikasi maupun program lainnya. Kali ini, UNESA teken MoA Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (SIMLAB) virtual dengan University of Newcastle, Australia pada Senin (16/08/2021).
Acara tersebut dihadiri Dr. Sujarwanto, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. Mochamad Nursalim, M.Si Dekan FIP, Drs. Mintoharjo, M.Pd Ketua Prodi S-1 PGSD beserta jajarannya. Sedangkan dari University of Newcastle dihadiri Professor John Fischetti selaku Pro-Vice Chancellor, College of Human and Social Futures, Professor Susan Ledger selaku Dean and Head of School of Education, College of Human and Social Futures, dan Frank Agbola selaku Assistant Dean Asia Pacific Engagement, College of Human and Social Futures (CHSF) UoN.
Dalam sambutannya, Sujarwanto menjelaskan bahwa kemitraan antara UNESA dan CHSF UoN dimulai dengan komunikasi tatap muka antara perwakilan dari kedua belah pihak dalam membahas berbagai program. Komunikasi tersebut membuahkan hasil dengan penandatanganan perjanjian implementasi SIMLAB dengan Fakultas Ilmu Pendidikan, dan kemudian mengikuti webinar serta penelitian.
“SIMLAB membuat kemajuan yang baik. Dengan senang hati kami umumkan bahwa meskipun telah digunakan di Pendidikan Guru SD secara berkala, kami akan memperluas penggunaan SIMLAB ke fakultas lain di lingkungan Unesa,” ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa penggunaan SIMLAB sendiri sudah memasuki tahun ketiga, yang mana nantinya akan direncanakan untuk digunakan oleh universitas mitra lain, di mana Unesa akan memimpin.
Ini merupakan langkah awal bersama antara Unesa dengan CHSF UoN untuk saling memajukan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan melalui SIMLAB dan kerja sama lainnya dari kedua belah pihak. “Saya berharap melalui kemitraan antara Unesa dan College of Human and Social Futures University of Newcastle, kita dapat menjadi orang-orang terbaik yang bermanfaat bagi orang lain.” pungkasnya. (Hasna)