02 August 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Meski pandemi masih mewabah, tak menjadi hambatan bagi Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa (UKIM) UNESA dalam berkarya. Mereka menggelar lomba keilmiahan GALAKSI 2021 secara virtual pada Minggu (01/08/2021).
Tema yang diusung yakni ‘Aktualisasi Peran Generasi Muda untuk Mengoptimalkan Potensi Intelektual melalui Kreasi dan Inovasi Guna Mewujudkan SDGs 2030”. Peserta lomba yang terlibat yakni dari mahasiswa dan siswa seluruh Indonesia. Ketua Pelaksana GALAKSI 2021, Hanan Zaki Husni mengatakan bahwa penentuan penyelanggaraan lomba secara virtual tersebut didasarkan pada alasan kesehatan dan keselamatan, sebab pandemi Covid-19 belum berakhir.
Lomba virtual, lanjutnya, cukup menantang dan memberikan banyak pengalaman baru, mulai dari perencanaan, penyebaran informasi acara ke peserta sasaran hingga pelaksanaannya. “Dengan tantangan seperti ini, justru baik bagi penyelanggaran maupun peserta menjadi peluang melahirkan terobosan dan inovasi,” ujarnya. “Semua masalah pasti ada jalan keluarnya, seperti halnya masalah serba virtual ini yakni dengan pemikiran dan tenaga para panitia menjadikan galaksi tahun ini berjalan dengan sukses,” sambungnya.
Acara tersebut ditutup dengan talkshow dan pengumuman pemenang lomba yang terdiri dari cabang lomba LKTIN, esai dan poster. Ada 56 karya tahap abstrak untuk KTI, 36 karya tahap full paper KTI, 33 karya poster, 43 karya Esai dan 515 peserta talkshow yang mengikuti acara.
Pemenang lomba LKTI GALAKSI 2021 yakni juara satu tim dari Ihza Aulia Rahman dari Universitas Brawijaya, juara dua tim dari Elvira Ratna Aisa dari Universitas Negeri Surabaya, juara tiga tim dari Ika Jumantika dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa. Kemudian untuk predikat best presentation diraih oleh tim Muh Khadafi Kasim dari Universitas Brawijaya dan tim Lukman Hadi Wibowo dari Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan predikat best paper didapat tim Akbar Mawlana dari Universitas Negeri Surabaya.
Untuk pemenang lomba esai GALAKSI 2021 yakni juara satu tim dari Siti Robaiyani dari SMAN 1 Sukodadi Lamongan, juara dua tim dari Ni Putu Rista Pradnya Dewi dari SMAN 1 Negara Jembrana, dan juara tiga diraih tim dari Gesang Naswa Ayatullah, MAN 1 Badegan Ponorogo. Best presentation diraih tim Yosua Nistelrooy Nainggolan dari SMAN 5 Balikpapan. Sedangkan predikat best paper diperoleh tim Budi Aditya Hartanto dari SMAN 1 Sukodadi Lamongan.
Kemudian untuk pemenang lomba poster GALAKSI 2021. Di posisi pertama ada Alya Fitri Putri Haryadi dari ITB, juara dua diraih tim dari Dyas Aditya Rey Ananda dari Universitas Negeri Malang, dan juara tiga tim dari Baghas Permana Putra Ekianto dari ITS. Untuk best presentation diraih oleh tim Mukhammad Hasan Muallif dari Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan best poster didapat tim dari Ismi Nudia Anburika dari Universitas Negeri Malang.
“Semoga acara ini ke depannya terus berkembang, sehingga dapat menjadi branding bagi UKIM maupun Universitas Negeri Surabaya di khalayak luas. Selain itu sebagai bentuk kolaborasi dan sharing keilmuan antar mahasiswa dan siswa sehingga dunia keilmuan Indonesia di kalangan mahasiswa dan siswa terus berkembang dan maju,” pungkas Hanan. (Madina)