01 August 2021


Unesa.ac.id, Surabaya–Universitas Negeri Surabaya terus mendukung pemerintah dalam percepatan program vaksinasi. Salah satunya lewat program pemberian vaksin dosis pertama untuk civitas academica UNESA dan masyarakat umum yang akan dilaksanakan pada Selasa, 03 Agustus 2021 bertempat di Graha UNESA, Jl. Citra Raya UNESA, Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya.
Pemberian vaksin tersebut atas kerja sama SMCC UNESA bersama Dinas Kesehatan Kota Surabaya yang menerjunkan tim dari 12 Puskesmas dan RSUD Bhakti Dharma Husada, Surabaya. Ketua SMCC UNESA Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si., menerangkan bahwa program vaksinasi tersebut dalam rangka Dies Natalis ke-57 UNESA.
Ia melanjutkan bahwa ada 5.000 kuota vaksin jenis AstraZeneca yang disediakan. Karena masih banyak civitas UNESA yang belum mendapat suntikan vaksin dosis pertama, sehingga pembagian kuota tersebut yakni 3.000 kuota untuk civitas academica UNESA dan 2.000 kuota vaksin untuk masyarakat umum, baik yang warga Kota Surabaya maupun warga ber-KTP luar kota.
Selain pemberian vaksin, juga ada program donor plasma, pembagian sembako untuk masyarakat yang tidak mampu. Penerima sembako merupakan warga yang sudah menerima kupon sebelumnya dan bisa langsung datang di lokasi dengan menunjukan kupon tersebut. Kemudian untuk membantu memudahkan masyarakat mendapatkan oksigen, UNESA juga menyediakan oksigen dengan harga yang terjangkau.
Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes mengatakan bahwa program tersebut merupakan kolaborasi UNESA dengan berbagai pihak, Pemprov, Pemkot, Puskesmas, RSUD BDH dan pihak lain dengan tujuan membantu masyarakat agar terhindar dari penyebaran Covid-19.
Selain itu, juga untuk mempermudah masyarakat mendapatkan kebutuhan seperti sembako, persediaan darah, tabung oksigen dan sebagainya. “Pokoknya ini adalah program tangguh UNESA bersama masyarakat,” tukasnya. “Ingat jangan lupa vaksin, menjalani protokol kesehatan, pola hidup bersih dan sehat, serta olahraga sehat-bahagia,” sambungnya.
Kegiatan vaksinasi akan dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Bagi masyarakat yang hendak mengikuti program vaksinasi di UNESA. Berikut cara pendaftaran dan syarat-syaratnya:Usia 18-60 tahunMendaftar di link https://daftarvaksin.unesa.ac.id/register-umumMengunduh Kartu Registrasi dan Lembar VaksinPrint out dan mengisi Kartu Registrasi dan Lembar VaksinasiPastikan Kartu Registrasi dan Lembar Vaksinasi terisiSaat kedatangan peserta membawa (a) Kartu Registrasi, (b) Lembar Vaksinasi, dan (c) KTP asli dan fotocopy.Peserta vaksin datang ke lokasi sesuai jadwal vaksin yang ditentukan di form registrasi.Peserta vaksin wajib menerapkan protokol kesehatan, mengenakan masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak. (has/zam)