16 July 2021


Unesa.ac.id, Surabaya–Sebanyak 247 mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNESA berhasil menyelesaikan studi dan mengikuti Yudisium Periode II 2021 pada Kamis (15/07/2021). Acara yang digelar secara daring itu dihadiri dekan, jajaran wakil dekan, ketua dan sekretaris jurusan, kaprodi, kepala laboratorium, jajaran senat dan guru besar selingkung fakultas.
Jumlah peserta yudisium tersebut merupakan lulusan dari berbagai program studi dengan rincian S-1 Pendidikan Ekonomi ada 22 mahasiswa, S-1 Pendidikan Administrasi Akuntansi sebanyak 32 mahasiswa, S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran ada 37 mahasiswa, dan S-1 Pendidikan Tata Niaga ada 12 mahasiswa. Selain itu, 40 mahasiswa dari S-1 Manajemen, 38 mahasiswa dari S-1 Akuntansi 38, 1 mahasiswa D-3 Akuntansi, 17 mahasiswa S-1 Ekonomi Islam, dan 18 mahasiswa dari S-1 Ekonomi.
Dekan FEB UNESA Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada seluruh yudisiawan yang berhasil menyelesaikan studi dan meraih prestasi terbaik sehingga memenuhi persyaratan menjadi Ahli Madya Akuntansi (A.Md), Sarjana Pendidikan (S.Pd), Sarjana Akuntansi (S.Ak), Sarjana Manajemen (S.M) dan Sarjana Ekonomi (S.E).
Anang menyampaikan bahwa keberhasilan dan capaian tersebut bukan akhir dari perjalanan, tetapi justru menjadi starting point untuk menapak tangga karir yang lebih tinggi, entah itu sebagai professional, enterpreneur, konsultan ataupun profesi yang lain. “Untuk itu teruslah belajar dan mengembangkan diri agar portofolio CV Anda terus update dan upgrade sehingga tidak ada gap (jarak, red) antara keterampilan yang Anda miliki dengan tuntutan dunia kerja,” ucapnya memotivasi.
Dia melanjutkan, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini merupakan momentum pemanasan atau uji coba menghadapi era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan flexibility, uncertainty, complexity dan ambiguity. Semua itu berimplikasi pada pergeseran keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, dunia usaha dan bisnis. “Karena itu, lulusan FEB tentu harus siap berkolaborasi dan berinovasi serta terus mengembangkan skill dan kompetensi untuk bisa beradaptasi dan berkompetisi di segala situasi,” tuturnya.
Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Susi Handayani, S.E., M.Ak., CA mengumumkan para lulusan terbaik bidang akademik tingkat fakultas. Ada Yohana Paramita dari S-1 Pendidikan Ekonomi dengan IPK 3.87, Mia Wahyu Nuraini dengan IPK 3.80 dari jurusan Manajemen, dari jurusan Akuntansi ada Joko Santoso dengan IPK 3.71, dan Muhammad Rizqi Bahrul Amin dengan IPK 3.85 dari jurusan Ilmu Ekonomi.
Sementara itu, untuk lulusan terbaik tingkat program studi antara lain Purnamawati Setyo Puji dengan IPK 3.83 di prodi S-1 Pendidikan Akuntansi, Anang Bayu Mustiko dengan IPK 3.71 dari S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Rika Dewi Apprilia dengan IPK 3.59 di S-1 Pendidikan Tata Niaga dan S-1 Ekonomi Islam diraih Mila Amrina dengan IPK 3.69.
Pada sesi penyampaian kesan dan pesan, Joko Santoso mewakili yudisiawan lainnya menyampaikan bahwa tantangan saat ini cukup kompleks dan cukup menyita perhatian. Kendati demikian, proses belajar dan mengembangkan diri harus terus dilakukan. Karena belajar adalah tugas hidup yang berlangsung sepanjang hayat. “Apa yang kita dapatkan di kampus adalah modal awal untuk menjadi yang terbaik dan memberikan karya terbaik untuk masyarakat dan bangsa,” tukasnya.
Mewakili teman-temannya yang lain dia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pejabat fakultas, para dosen dan tenaga kependidikan yang telah mendidik dan membimbing selama studi. Dia juga menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada seluruh jajaran fakultas atas segala salah yang disengaja maupun yang tidak disengaja dari awal hingga akhir studi. “Semoga silaturahmi tetap terjaga dan tetap menjalin hubungan serta kolaboratif untuk nama baik dan kebanggaan almamater,” harapnya. (QQ/zam)