03 June 2021


Unesa.ac.id, Surabaya- Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNESA menggelar International Visiting Lecture secara daring dengan topik “Communication for Professional” yang mendatangkan Narasumber Prof. Norazlan Bin Hj. Anual, MM(IT)., BBA(HRM)., DES., DESS. Senior Lecturer Faculty of Business and Management Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia pada Selasa (02/05/2021).
Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unesa Dr. Anang Kistyanto, S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa visi dan misi FEB adalah menjadi fakultas yang bereputasi di Asia Tenggara bidang ekonomi, pendidikan ekonomi dan bisnis di tahun 2023. “Hal itu kita wujudkan salah satunya dengan pengajuan akreditasi AQAS, ACQUIN dan teranking di QS World by subject,” ujarnya.
Selain itu, Anang juga menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 merupakan momentum yang dapat mendorong terjadinya mengakselerasi revolusi industri 4.0. Pekerjaan dapat dilakukan melalui di mana saja asal tersambung jaringan internet. Kemudian sosialisasi work from home, work from hotel, maupun work from Bali yang digaungkan pemerintah merupakan salah satu stretegi pemilihan kondisi ekonomi lokal. “Hal ini berimplikasi pada pola kerja yang berbeda, sebelumnya komunikasi bisa secara langsung tetapi melalui WFH menggunakan teknologi semua menjadi mudah dan praktis,” tuturnya.
Ia melanjutkan bahwa dalam kondisi ini, perguruan tinggi harus merespon dengan baik sehingg jarak atau kesenjangan keterampilan yang dibutuhkan dunia dengan ketrampilan yang dimiliki mahasiswa maupun karyawan bisa diminimalisir dan bahkan diantisipasi.
Anang mencontohkan, dalam bidang manajemen sumber daya manusia (SDM) baik teori maupun praktek mengalami evolusi. “Dalam konsep personal managemen, bergeser menjadi human resource management, kemudian bergeser lagi human capital management dan di masa mendatang ada konsep human communication interaction yang mengkombinasikan manusia dan teknologi,” paparnya.
Dia berharap melalui International Viciting Lecture Program itu, isu terkini terkait comunication for prefesional bisa diangkat dan dibahas bersama pakarnya. “Ke depan, semoga kita bisa berkolaborasi lebih mendalam berupa riset dan publikasi bersama sehingga bisa bermanfaat bagi Unesa- UiTM maupun umat di dunia,” harapnya.
Pada kesempatan itu, Prof. Norazlan Bin Hj. Anual, MM(IT)., BBA(HRM)., DES., DESS. menjelaskan topik ‘Communication for Professional Basic to Basic Tips and Hint’. Ia mengatakan bahwa komunikasi merupakan salah satu kunci menjalankan misi dan mencapai visi. Itu berlaku dalam segala bidang. Menurutnya, komunikasi bukan sekadar membangun interaksi, tetapi bagaimana interaksi atau komunikasi tersebut digunakan pada konteksnya yang tepat untuk menyampaikan sesuatu sehingga maksud dan tujuan dapat dengan mudah dipahami, dipercayai bahkan disetujui pihak lain.
Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat kepada narasumber yang diwakili oleh Ketua Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Triesninda Pahlevi, S.Pd., M.Pd. (QQ)