03 May 2021


Unesa.ac.id, Surabaya – Unesa berkolaborasi dengan JTV mengadakan program yang bertajuk ‘Sinau nang Omah’ untuk mempersiapkan calon mahasiswa dalam mengerjakan soal-soal Try Out UTBK Unesa 2021, Senin (3/5). Acara ini disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi JTV atau kanal streaming JTV pukul 10.30 – 11.30 WIB.
Program yang dipandu oleh presenter Pinky Darya ini membahas seputar mareri Bahasa Indonesia yang biasanya muncul pada soal UTBK. Adapun pembahasnya adalah dosen dari Unesa yang berpengalaman dalam bidang Bahasa Indonesia, yakni Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd.
Selaku pembawa acara, mula-mula Pinky menanyakan kenapa materi Bahasa Indonesia ini penting untuk dimasukan ke dalam soal-soal. Menurut Prima, setidaknya ada dua alasannya. Salah satunya adalah Bahasa Indonesia menjadi salah satu materi di pemahaman bacaan dan menulis.
Bagian Pemahaman Bacaaan dan Menulis (PBM) menurutnya sangat penting untuk dikuasai. Pasalnya, sebagai mahasiswa yang berstatus belajar mandiri, harus siap untuk memproduksi bahasa tulis dan lisan secara formal.
“Kami akan mengecek kemampuan awal teman teman semua dalam berbahasa indonesia yang baik dan benar,” imbuhnya
“Yang kedua, kadang yang terjadi teman-teman yang mengikuti UTBK merasa Bahasa Indonesia merupakan bahasa sendiri, jadinya merasa gampang, tapi lebih sering terjebak malahan dengan pertanyaan yang diberikan,” sambung Prima.
Lebih lanjut, Prima mengatakan bahwa mahasiswa nanti ketika masuk ke jenjang perguruan tinggi, salah satu kompetensi yang perlu dikuasai adalah komunikasi. Sehingga menurut Prima, melalui soal soal Bahasa Indonesia ini perguruan tinggi ingin mengetahui kemampuan berbahasa para mahasiswanya.
“Konteks mahasiswa adalah akademik, mahasiswa akan akrab dengan tulisan ilmiah, laporan, makalah, proposal, maupun artikel,” ungkap dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa tersebut.
Tidak semua materi Bahasa Indonesia yang akan dipelajari pada program ini. Namun satu materi yang sering keluar ketika ujian adalah materi tentang ejaan. Menurut Prima, ketika membahas tentang ejaan erat kaitannya dengan kaidah yang ada di dalam Bahasa Indonesia.
“Jadi agar semua mengerti bagaimana aturan tertulisnya, penggunaan tanda baca yang benar dan lain sebagainya,” sambungnya.
Ada beberapa soal beserta jawaban yang dibahas pada program tersebut. Selain itu, Prima juga memberikan tips bagaimana cara mengerjakan soal ujian materi Bahasa Indonesia. Menurutnya, di kasus soal yang berkaitan dengan ejaan, perlu pembiasaan untuk mengucapkan maupun menuliskan Bahasa Indonesia yang baku.
“Kadang-kadang kita merasa lebih pintar kalau menggunakan Bahasa Indonesia yang tidak baku, atau menggunakan campuran bahasa asing, memang perlu pembiasaan. Kita perlu mempromosikan Bahasa Indonesia. Kalau bukan kita yang bangga, lalu siapa lagi,” tukasnya.
Try Out UTBK Unesa diselenggarakan pada Senin (3/5). Bagi peserta yang masuk tiga terbaik akan mendapatkan tiket masuk Unesa dan bisa memilih jurusan yang diinginkan. Selain tiket masuk, juga mendapatkan SPP gratis selama satu tahun dan diskon uang gadung sebesar 50 persen. Untuk hasil Try Out akan diumumkan pada Selasa, 4 Mei 2021. (Suryo/zam)