08 April 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Usai teken MoU kerja sama dengan City University Malaysia, Unesa lanjut menandatangani Nota Kesepahaman dengan SEAMEO Regional Centre for Vocational and Technical Education and Training (SEAMEO VOCTECH) Brunei Darussalam, Kamis (8/4/2021).
Penandanganan itu dilakukan secara virtual oleh Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes dan Dr. Sujarwanto, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama dengan Awang Alias bin Abu Bakar, Centre Director SEAMEO VOCTECH dan Dr.h.c. Paryono, M.Sc., Ph.D Deputy Director for Professional Affairs SEAMEO VOCTECH.
Kerja sama itu meliputi pengembangan program kuliah, workshop, pelatihan dan pendidikan. Pertukaran peneliti untuk penelitian, dosen dan kolaborasi dalam diskusi-diskusi, seminar dan konferensi Internasional. Juga, dalam bidang-bidang lainnya.
Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes memaparkan bahwa realisasi kerja sama tersebut dirintis secara online maupun secara hybrid. Unesa sangat mendukung penuh kerja sama tersebut dan bersedia mengalokasikan anggaran khusus untuk itu. “Jika pihak SEAMEO mau meneliti bidang apa, dan temanya apa, serta timnya siapa saja tinggal dikomunikasi saja dan bisa kita realisasikan,” ujarnya.
Sementara itu, Dr.h.c. Paryono, M.Sc., Ph.D menyambut baik tawaran Rektor Unesa tersebut dan mengaku siap untuk ditindaklanjuti secepatnya. Bahkan dia berharap kerja sama itu juga bisa semakin berkembang ke skala regional dan bahkan internasional.
“Kami senang sekali dengan kerja sama ini dan SEAMEO mengundang dengan hormat pihak Unesa untuk bisa bergabung juga dalam beberapa program pelatihan kepemimpinan dan manajemen di Singapura,” tuturnya. “Kemudian untuk webinar Internasional tentang industri 4.0 kita rencanakan akhir tahun ini juga dan mengundang para pakar internasional,” lanjutnya.
Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd., yang turut hadir pada kesempatan itu mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan peluang dua belah pihak dalam meningkatkan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di dua lembaga. Selain itu, juga semakin mempererat silaturahmi yang mendorong produktivitas, kreativitas dan inovasi di masing-masing perguruan tinggi.
Sementara itu, Direktur Pascasarjana Unesa Dr. Edy Mintarto, M.Kes, mengatakan bahwa Pascasarjana Unesa mendukung upaya kerja sama tersebut dan menunggu implementasinya. “Bahkan kami siap menerima mahasiswa dari negara-negara berkembang. Kita berharap, dengan SEAMEO program tersebut bisa maksimal dan optimal ke depannya,” ucapnya. (Hasna/Zam)