01 April 2021


Unesa.ac.id, Surabaya–Universitas Negeri Surabaya menjalin kerja sama dengan Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK). Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Unesa, Dr. Sujarwanto, M.Pd., dengan Kepala BPMTPK, Drs. Subijanto pada Selasa (31/3/2021) di Gedung Rektorat Unesa Lidah Wetan.
Pada kesempatan itu, Dr. Sujarwanto, M.Pd menjelaskan bahwa salah satu tuntutan era sekarang ini yakni pendidikan harus mampu berkolaborasi dengan berbagai lembaga dan pihak lain. Kolaborasi menjadi salah satu kunci dalam mengarungi derasnya perkembangan zaman dengan segala tantangan dan peluangnya. Atas dasar itulah, kolaboraasi menjadi salah satu yang diwujudkan lewat konsep merdeka belajar dan kampus merdeka yang diusung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.
“MoU ini bisa menjadi payung hukum untuk menghasilkan PKSB (Perjanjian Kerja Sama Baru). Misalnya mahasiswa kami diberi kesempatan magang atau ada rekan dari BPMTPK yang bisa diajak mengajar di kampus kami sebagai dosen luar biasa maupun kerja sama bidang lainnya,” ujar Sujarwanto.
Lebih lanjut, ia mengapresiasi kegiatan MoU tersebut. Selain untuk menyepakati adanya kerja sama, juga menjalin silaturahmi yang baik antara Unesa dan BPMTPK. “MoU ini menjadi awal kesepakatan kita untuk menguatkan tali silaturahmi dalam rangka memberikan dukungan kepada masyarakat agar bisa dirasakan manfaatnya. Selanjutnya, beberapa pihak dari Unesa akan selalu berdiskusi terkait kolaborasi apa saja yang bisa dilakukan bersama ke depannya,” tutur Sujarwanto.
Sementara itu, Kepala BPMTPK, Subijanto mengatakan bahwa kerja sama antara lembaga yang ia pimpin dengan Unesa tidak hanya kali ini saja, tetapi pernah juga dilakukan sebelumnya. “Kita sudah kerja sama sejak lama. Saat pengembangan media pendidikan yang berbasis video khusus untuk PLB mulai tahun 2005,” jelas Subijanto.
Dengan penandatanganan MoU, dia berharap bisa berdampak pada peningkatan kualitas, melahirkan banyak inovasi dan pengembangan konsep-konsep baru baik bagi BPMTPK maupun untuk Unesa. “BPMTPK sebagai badan pengembangan merupakan balai riset yang sudah melibatkan beberapa rekan dari Unesa, seperti di jurusan Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa, PG PAUD dan beberapa prodi lain di FIP, karena itu kita optimis kerja sama ini akan berdampak baik ke depannya,” tuturnya.
Subijanto juga merasa tertarik serta antusias saat diajak berkunjung ke studio Kece TV Unesa dan diperkenalkan dengan SDM yang masih muda. Ia berharap bisa berkolaborasi dalam pembuatan ragam program ke depannya. “Ide-ide bisa kita sinergikan terkait program atau acara yang bisa kita bangun bersama,” imbuh Subijanto. (Suryo/Humas Unesa)