23 March 2021


Unesa.ac.id, Surabaya- Guna mewujudkan generasi yang berkarakter Qur’ani, Lembaga Kegiatan Mahasiswa Islamic Community of Economic (LKM-ICE) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya gelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat fakultas dengan tema “Semarak Hari Lahir Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang ke-15: Wujudkan Generasi Berprestasi dan Berkarakter Qur’ani”pada Minggu (21/03/2021).
Acara yang diselenggarakan secara daring itu merupakan ajang pencarian bakat dan talenta keagamaan mahasiswa tingkat FEB khususnya dalam bidang MTQ. Para peserta terbaik dan menjadi juara dapat melanjutkan perjuangannya dan membawa nama fakultas di MTQMN 2021.
Ketua Umum ICE FEB Unesa, Muhammad Fahrul Rozjiqin mengungkapkan bahwa meski masih situasi pandemi. Namun, persiapan MTQ dilakukan dengan matang dan pelaksanannya pun bisa berjalan maksimal. “Karena ini kali pertama MTQ diselenggarakan secara virtual, jadinya cukup menantang bagi penyelenggara maupun peserta,” ujarnya.
Untuk meminimalisir kontak fisik, mulai dari persiapan seperti pembentukan panitia, perancangan teknis acara, penentuan juri sampai strategi menggaet banyak pesertapun dilakukan secara daring. “Paling menantang bagi kami, yakni ketika membimbing pengurus baru dalam struktur kepanitiaan, mengingat beberapa pengurus adalah mahasiswa angkatan 2020 yang memang masih minim pengalaman perihal event daring organisasi,” tutur Fahrul.
Acara MTQ FEB terdiri dari 13 cabang lomba. Ada lomba musabaqoh tilawatil Qur’an (MTQ), musabaqoh tartilul Qur’an (MTrQ), musabaqah hifzhil Qur’an 1 juz (MHQ 1 juz), musabaqah hifzhil Qur’an 5 juz (MHQ 5 juz), dan musabaqah hifzhil Qur’an 10 juz (MHQ 10 juz). Selain itu, juga ada lomba musabaqah karya tulis ilmiah kandungan Al-Qur’an (KTIQ), musabaqah khattil Qur’an (MKQ), musabaqah syarhil Qur’an (MSQ, dan ada lomba poster. Kemudian ada juga lomba desain aplikasi komputer Al-Qur'an (DAQ), debat bahasa Arab, lomba debat bahasa Inggris, dan musabaqah fahmil Qur’an (MFQ).
Juara umum MTQ tahun ini, diraih oleh peserta dari jurusan Ilmu Ekonomi. Kesuksesan acara MTQ FEB tidak lepas dari dukungan penuh para dekan FEB Unesa beserta jajarannya, ormawa dan LKM serta semua pihak yang turut berpartisipasi demi kelancaran acara yang bertepatan dengan Harlah FEB Unesa yang ke-15itu.
“Semoga MTQ kedepannya bisa lebih inovatif lagi, meski diadakan secara online,” imbuh Fahrul. “Sentuhan inovasi dan kreativitas yang lebih tentu saja bisa dilakukan untuk guna memeriahkan acara tahunan tersebut dan agar syiar Qur'ani lebih membumi di lingkungan kampus dan bisa lebih semarak lagi,” pungkasnya. (madina/zam)