26 February 2021


Unesa.ac.id, Surabaya–Dalam upaya peningkatan kemampuan dan kompetensi mahasiswa, khususnya di masa pandemi Covid-19, Unesa Career Center menyelenggarakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat 2021 (PMMB) Batch 1 untuk mahasiswa program S-1 semester tujuh dan program D-3 semester lima.
Pendaftaran program tersebut berakhir pada 10 Februari 2021 lalu. Dari 487 peserta yang mendaftar, ada 389 peserta yang berhasil lolos di tahap seleksi internal. Berdasarkan match up Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang dilaksanakan pada 14-22 Februari 2021, hanya terpilih 11 peserta yang diterima. Mereka merupakan mahasiswa yang berdomisili di Gresik, Surabaya, dan Pasuruan.
Peserta yang terpilih akan menjalani magang selama enam bulan di enam perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sesuai dengan alamat domisili peserta. “Peserta yang lolos salah satu pertibangannya adalah alamat KTP-nya masing-masing, sehingga bisa dekat dan memudahkan proses magang,“ ujar Salamun Rohman Nudin, S.Kom., M.Kom., ketua Unesa Career Center.
Salamun menambahkan, program magang tersebut merupakan salah satu langkah awal UNESA untuk mendukung implementasi kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Adapun keungggulan dari program tersebut di antaranya adanya perolehan sertifikat dan uang saku untuk peserta. “Yang kami harapkan keunggulan program tersebut tentu bukan sekedar itu, tetapi bagaimana peserta atau mahasiswa bisa belajar maksimal, mengembangkan potensi, dan meningkatkan kompetensi mereka dengan orang-orang profesional di tempat magangnya masing-masing,“ ucapnya.
Adapun peserta yang diterima yakni Danang Ardiyanto dan Arsy Bilahi Tama dari Teknik Informatika; Risma Megadini, Ayu Wulan Suci dan Naura Firdaus Haidar dari jurusan Desain Komunikasi Visual; Selly Erisha dari Ilmu hukum; Novita Cahyani dan Ahmad Affandi jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer; Amalia Fitri jurusan Psikologi; Rakha Fikri Ramadhan dan Rezki Dwy Putra dari jurusan Sistem Informasi. (hasna/zam)