27 December 2020


Unesa.ac.id, Surabaya - PT.Wahana Duta Jaya Rucika dalam mendukung generasi muda sebagai penerus bangsa, menggelar kuliah tamu sistem pengelolaan air kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya dengan materi „Teknologi Pengelolaan Air Hujan Yang Berkelanjutan“ pada Jumat (18/12).
Materi pada kali ini disampaikan oleh Muhajir Asrori, Technical Support Manager PT. Wahana Duta Jaya Rucika sekaligus Head of Rucika Institute. Ia menuturkan teknologi berkelanjutan yang ditawarkan dan diproduksi Rucika adalah Rainwater Harvesting, yaitu tangki reservoir air yang dipasang di bawah tanah sebagai penyimpanan dan peresapan air hujan. Solusi ini dapat menjawab permasalahan banjir yang khususnya terjadi di perkotaan. Secara umum banjir di daerah urban disebabkan adanya curah hujan yang tinggi dan tidak maksimalnya sistem pengelolaan sumber daya air, termasuk sistem peresapan air.
Menurutnya, Rainwater Harvesting (RWH) mempunyai keunggulan untuk pengelolaan air hujan, antara lain: instalasi yang mudah, material yang ekologis karena terbuat dari bahan plastik daur ulang, daya tampung yang besar, dan pembebanan tahan hingga 25 ton.
“Air hujan yang dikumpulkan dari permukaan dan dialihkan ke tangki dapat dimanfaatkan kembali untuk ,menyiram bunga, irigasi, ternak, dan keperluan rumah tangga lainnya,“ terang Muhajir.
Tidak hanya pengelolaan air hujan skala rumah tangga, sistem RWH sangat efektif untuk proyek dengan skala besar seperti sekolah, rumah sakit, hotel dan fasilitas lainnya. Sistem RWH ini telah banyak digunakan diberbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya dan lainnya.
Selain bertujuan memberikan ilmu pengelolaan air, pada webinar kali ini tentunya memberikan informasi kepadai mahasiswa untuk mengetahui lebih jelas mengenai perpipaan, mulai dari standar pipa hingga material beserta fungsinya. Hal ini terlihat dari antusias mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan.
Sementara itu, kata Dekan Fakultas Teknik, Dr. Maspiyah, M.Kes. dalam sambutannya, „saya harap kuliah tamu bersama Rucika dapat memberikan wawasan dan menambah ilmu bagi mahasiswa Fakultas Teknik dari para praktisi yang telah memahami betul bagaimana drainase dan perpipaan, sehingga mahasiswa dapat terinspirasi.“ (meds)