08 December 2020


Surabaya - Unesa.ac.id, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unesa, Prof. Darni, M.Hum., secara simbolis menyerahkan Robot KECE Unesa Generasi ke-2 pada Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) dan RSI Siti Hajar Sidoarjo, (08/12). Penyerahan yang dilakukan di Ruang LPPM Gedung Rektorat lantai 6 ini juga dihadiri oleh Pimpinan tim Robot KECE, Agung Prijo Budijono, S.T., M.T., beserta tim.
Dalam sambutannya, Darni mengungkapkan jika pembuatan robot ini merupakan bentuk upaya Unesa dalam membantu percepatan penanganan covid-19. “Kita ini mengabdi memberikan ilmu kita kepada masyarakat yang dalam hal ini Rumah Sakit,” ujarnya.
Darni juga menambahkan jika lahirnya Robot KECE ini merupakan salah satu hikmah yang bisa diambil dari adanya covid-19. “Covid banyak membuat inspirasi dan kreativitas bagi kita. Dari situlah kemudian terbentuk robot ini,” tambahnya.
Sementara itu, Agung Prijo Budijono, mengatakan jika kegiatan ini merupakan implementasi dari program bakti inovasi Indonesia untuk penanganan covid-19 yang disebut difusi produk untuk penanganan covid-19 pada masa darurat bencana.
Agung juga menjelaskan jika robot canggih generasi dua yang dimiliki Unesa ini merupkaan bentuk pengembangan dari generasi pertama. Selain dilengkapi dengan kapasitas trolley yang kuantitasnya bertambah jika dibanding generasi pertama, robot generasi ke-2 ini juga dilengkapi dengan musik yang bisa digunakan sebagai hiburan pasien, sensor suhu tubuh, dan sensor jarak yang digunakan untuk mendeteksi benda yang menghalangi jalannya robot.
“Selain berfungsi sebagai komunikasi dan logistik, Robot KECE generasi ke-2 ini juga bisa digunakan untuk sterilisator ruangan,” ujarnya.
Lebih lanjut, Robot KECE generasi ke-2 ini memanfaatkan jaringan wifi sebagai alat untuk komunikasi. “Biar lebih independent, komunikasinya kita menggunakan wifi,” tambah Agung. Ke depan, Agung beserta tim berencana untuk memfokuskan fungsi monitoring pada Robot KECE generasi ke-3.
Penyerahan ini disambut baik oleh dr. Nily Sulistyorini, Sp. FM, perwakilan dari RSUA dan dr. Silvy Rahmayanti perwakilan dari RSI Siti Hajar Sidoarjo. Menurutnya, adanya robot ini akan banyak membantu tugas para tenaga kesehatan (nakes) dalam merawat pasien yang terpapar covid. Selain itu, robot ini juga bisa mengurangi banyaknya nakes yang terpapar covid.
“Kami berterima kasih, tim Unesa sangat concern pada kami. Dengan bantuan ini, akan meringankan beban kami juga,” ujar dr. Nily. (Humas)