04 December 2020


Unesa.ac.id, Surabaya - Adanya virus Covid-19 memberikan pembiasaan terbaru bagi mahasiswa, khususnya di Universitas Negeri Surabaya mengenai bagaimana menulis artikel yang dapat dipublish di Jurnal terakreditasi. Seperti salah satu acara bertajuk VR2TD (Virtual Research of Roundtable Discussion) dengan tema Artikel Ilmiah sebagai output skripsi pada masa pandemi Covid-19. Acara ini di selenggarakan ole Tim PKM (PengabdianKepada Masyarakat) FakultasIlmu Pendidikan Unesa.
Dengan menghadirkan 3 Narasumber,yang pertama adalah Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd (KetuaJurusan PG PAUD Unesa), Lalu kedua yaitu Muhammad Reza, S.Pd., M.Si (Dosen PG PAUD Unesa), dan yang ketiga Wulan Patria S, S.Psi., M.Pd., Ph.D (Dosen PG PAUD Unesa).
“Hasil dari kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah ini luarbiasa. Peserta angkatan 2016 PG PAUD juga akhirnya bisa memahami dan menyusun langsung artikel ilmiah mereka” apresiasi Khotimah, Ketua Jurusan PG PAUD FIP Unesa.
Acara ini diselenggarakan melalui virtual zoom meeting yang dihadiri oleh peserta sebanyak lebih kurang 80 orang. Metode yang digunakan adalah Training of Trainer (ToT). dimana selain teori, kemudian dilanjutkan dengan praktik menulis sehingga peserta dapat merasakan pelatihan menulis dengan menggunakan metode survei dan dipandu oleh para tenaga ahli.
“Kegiatan pelatihan penulisan artikel ini diikuti dengan baik oleh seluruh peserta, terimakasih banyak kepada narasumber, tenaga ahli. Mudah-mudahan melalui pelatihan ini mahasiswa angkatan 2016 PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dapat mengimplementasikan untuk membuat skripsi yang berbentuk artikel sesuai dengan keputusan Rektor,” terang Rizka Aisyah, sang moderator.