04 November 2020


Unesa.ac.id, Surabaya - Sabtu (31/10), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM FE) Universitas Negeri Surabaya mengadakan Webinar Nasional bertema Relaksasi dan Restitusi Ekonomi di Era Pandemi serta Peran Milenial dalam Berwirausaha Hadapi Covid-19. Dua narasumber dihadirkan dalam webinar nasional tersebut. Mereka adalah Dr. H. Sandiaga S. Uno, B.B.A, M.B.A, Pengusaha Nasional dan Ir. H. Kamrussamad, S.T., M.Si., Anggota DPR RI Komisi XI.
Webinar Nasional dihadiri pimpinan Fakultas Ekonomi dan dimoderatori oleh Dosen Fakultas Ekonomi Unesa, Dr. Ulil Hartono, SE., M. Si. Webinar ini digelar melalui platform zoom meeting conference dan disiarkan langsung di channel youtube BEM FE Unesa, serta diikuti oleh kurang lebih 678 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM FE) juga mengembangkan SARGAM yaitu Webinar Lewat Telegram agar seluruh peserta dapat tertampung dan mengikuti kegiatan sarasehan dengan baik.
Dalam sambutan yang mengawali sekaligus membuka acara webinar ini, Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI. mengapresiasi webinar nasional kali ini karena telah memberikan kesempatan kepada milenial untuk menambah ilmu tentang dunia entrepreneur di tengah pandemi covid-19.
“Pembangunan dan peningkatan kualitas milenial di Indonesia harus menjadi prioritas utama, bukan hanya sebagai penerima manfaat tetapi pengendali dalam proses pengambilan keputusan,” ujar Moch. Khoirul Anwar.
Khoirul Anwar menggarisbawahi bahwa pendidikan dan pekerjaan menjadi isu yang penting bagi milenial saat ini. Tidak hanya itu, ia juga mengungkapkan jika entrepreneur dapat menjadi aspek yang tidak kalah penting dalam keberhasilan di masa mendatang. “Untuk sukses seseorang harus punya 3 hal, yakni integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship yang berkaitan dengan inovasi. Ketiganya harus dimiliki untuk memenangkan persaingan dan meraih kesuksesan,” terang Moch. Khoirul Anwar.
Acara dilanjutkan oleh moderator dengan pemaparan pemateri pertama yaitu Ir. H. Kamrussamad, S.T., M.Si. ia menjelaskan terkait perkembangan dan peningkatan ekonomi di era new normal. Selain itu, ia mengatakan bahwa pandemi covid-19 ini telah memberikan dampak besar bagi Indonesia bukan hanya di bidang kesehatan tetapi juga bidang pendidikan, ekonomi, keuangan dan sosial.
“Pandemi mengubah berbagai macam sektor di dunia, khususnya Indonesia. Tapi perlu diingat bahwa di balik kesulitan yang kita alami sekarang pasti ada kemudahan pada masa yang akan datang. Kita harus yakin bahwa Indonesia bisa melewati ini semua dan mampu menjadi bangsa yang kuat," tandasnya.
Kamrussamad menegaskan bahwa ada beberapa peran yang dapat dilakukan oleh milenial untuk membangun ekonomi di tengah pandemi, di antaranya menjadi creative thinker & leader, menjadi agen perubahan dan menjadi pemimpin gerakan sosial ekonomi.
Sejalan dengan narsum pertama, Dr. H. Sandiaga S. Uno, B.B.A, M.B.A., menjelaskan terkait apa yang akan dilakukan Rumah Siap Kerja untuk menjadi solusi kaum milenial dari segi ekonomi di situasi covid-19. Dalam pemaparannya, Sandiaga berpesan, “Belajar hal baru adalah investasi, tetap optimis dalam kehidupan selalu berusaha melihat peluang di dalam situasi terburuk sekalipun.”
Selain itu, Sandiaga Uno juga memberikan motivasi agar para pemuda senantiasa yakin jika mereka memiliki kesempatan dan peluang untuk menjadi sukses.
“Saya yakin teman-teman punya kesempatan ini, bahwa peluang ada dimana-mana,” terang Sandi.
Sebagai Informasi, webinar yang berlangsung sejak pukul 09.00 Wib ini berlangsung dengan khidmat dan antusias oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang saling bertukar pikiran.
“Harapannya, webinar ini dapat memberikan ilmu pengetahuan baru bagi milenial, untuk berwirausaha di masa Pandemi Covid-19,” tegas Ulil Hartono, moderator pada webinar kali ini. (wulida/sir)