11 October 2020


Unesa.ac.id – Sabtu (10/10) Universitas Negeri Surabaya melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menyelenggarakan orientasi pengenalan budaya pada Program Permata Sakti (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi).
Pada pekan kedua, kegiatan pengenalan budaya mengusung topik “Mengenal Serba-serbi Kota Surabaya” yang digelar melalui aplikasi meeting zoom mulai pukul 09.00 WIB. Pada kesempatan tersebu, para mahasiswa diajak mengenal kota Surabaya melalui jalan-jalan virtual.
Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof. Dr. H. Bambang Yulianto, M.Pd, dalam sambutannya menuturkan,
meskipun dalam kondisi pandemi, masih diberikan kesempatan bersua dan bertatap muka meskipun tidak dalam pertemuan fisik.
Dalam kesempatan itu, Bambang menyampaikan bahwa kementerian pendidikan membuat program-program yang dapat menyatukan anak bangsa dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya melalui program Permata Sakti.
Ia menambahkan, topik minggu ini mengusung serba serbi budaya lokal di Surabaya dan Jawa Timur. Menurut Bambang, tema tersebut sangat menarik bagi mahasiswa-mahasiswa Permata Sakti yang ingin mengetahui lebih jauh bagaimana dan apa Surabaya itu dan Jawa Timur.
“Namanya serba-serbi, tentu akan ada hal menonjol dan menarik seperti kuliner, seni khas, adat istiadat dan perilaku masyarakat di Surabaya yang tentu berbeda dengan di daerah lain," terang Bambang.
Selain itu, Bambang juga menginformasikan bahwa di Kota Surabaya, Unesa termasuk salah satu dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang tahun ini pendaftarnya jauh melebihi perguruan tinggi lain di Surabaya. Selain itu, Unesa juga menduduki peringkat ke 19 perguruan tinggi secara nasional.
“Kalian tidak keliru memilih Unesa dalam program Permata Sakti. Kami tentu terbuka dan mengundang adik-adik mahasiswa untuk hadir dan silaturahmi secara langsung suatu saat nanti. Kami berharap semua bisa menjalankan program ini dengan sebaik-baiknya dan dapat mempererat persatuan anak bangsa, saling belajar, saling bertukar informasi, saling berpendapat untuk memajukan bangsa Indonesia, khususnya bagi kami untuk Unesa, Unesa satu langkah di depan," tandas Wakil Rektor bidang Akademik Unesa ini.
Kegiatan orientasi dilanjutkan dengan penayangan video tentang kota Surabaya, Landmark kota dan wisata dan dilanjutkan terkait penayangan budaya maupun kuliner-kuliner khas dari kota Surabaya. Kegiatan ini berakhir pukul 11.00 WIB dengan sesi foto bersama secara virtual. (QQ/Sir)