23 August 2020


Unesa ac.id, Surabaya- Bisnis “Aden” Unesa terpilih dalam ajang KIBM 2020 kategori disabilitas yang masuk seleksi tingkat nasional.Untuk diketahui, KIBM merupakan kompetisi kemahasiswaan untuk membangun semangat kewirausahaan dengan memperkuat jejaring antara akademisi, bisnis, dan pemerintah.
KIBM 2020 diselenggarakan dalam 3 bidang kegiatan yakni perguruan tinggi akademik (sarjana), perguruan tinggi vokasi, dan penyandang disabilitas. Bisnis “Aden” Unesa diketua oleh Muhammad Aden Hadi dari S1 Pendidikan Tata Boga. Tim ini beranggotakan Fuad Haris Al-Qonny, Hayati Sholikhah, dan Gallistan Bayu Sentanu. Bisnis "Aden" merupakan usaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Ada dua produk yaitu pengembangan produk kebab dan pudding.
Ketua Tim, Muhammad Aden menjelaskan, kebab yang diproduksi adalah pengembangan produk berbentuk mini dengan konsep tematik pada warna tortilanya. "Produk kami buat dua tampilan yakni offwhite sesuai karakteristik warna asli lembar tortilla dan produk varian black charcoal dari arang bamboo yang diasumsikan serat-serat alami," jelas Aden.
Pengembangan produk lainnya, jelas Aden lagi menonjolkan produk ramah disabilitas. Produk tersebut adalah GFCF (Gluten Free Casein Free). Produk ini sejenis dessert, yakni puding yang berbahan dasar buah labu kuning (Cucurbita moschata Durch) sebagai bahan utama berwarna cerah kuning jingga, dilengkapi dengan topping vla warna putih seperti salju (snowy) yang bebas Casein.
Bisnis “Aden” berlokasi di Jalan Karang Rejo XV No. 12 Surabaya. Produk yang diproduksi memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya, kebab instan yang praktis. Produk ini akan dipasarkan dalam bentuk beku (frozen food) yang siap saji (ready to eat). Selain itu, ada juga produk puding yang segar dan dingin (fresh food). Dengan lolos tingkat internal dan masuk seleksi nasional, bisnis "Aden" sangat berharap dukungan dan doa dari semua pihak agar bisa lolos seleksi KIBM nasional. (madina/sir)