21 May 2020


Unesa.ac.id - Surabaya, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) memberikan bantuan kepada warga kampus yang terdampak pandemi virus corona, Rabu (20/5). Program bantuan ini dilakukan untuk membantu mereka yang terdampak secara ekonomi seperti cleaning service, satpam fakultas, pegawai honorer, dosen tidak tetap dan mahasiswa. Pelaksanaan pembagian 238 paket sembako ini dipusatkan di Gedung T14 Fakultas Bahasa dan Seni. Sembako yang disalurkan berupa beras 5 Kg, minyak goreng 2 Liter, mie instan dan kecap.
Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga telah membuat kebijakan berupa pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selama masa pandemi covid-19. Sebanyak 6 kelompok PKM yang terdiri dari para dosen dialihkan untuk menyalurkan bantuan di Fakultas Bahasa dan Seni.
Dr. Heny Subandiyah M.Hum., selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia sangat mengapresiasi penyaluran bantuan ini guna mencegah dampak penyebaran virus corona. “Dalam rangka penanganan covid, yang bisa dilakukan dalam bentuk pembagian sembako itu sebenarnya bertujuan untuk ketahanan fisik masyarakat yang terdampak. Saya kira, ini sangat baik. Karena sedikit banyak bisa membantu masyarakat yang terkena dampak,” ujar Heny.
Sebagai manusia yang memiliki rasa empati dan peduli terhadap sesama, Heny juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersedia untuk mengulurkan tangan dan saling bahu membahu untuk meringkan beban masyarakat di tengah wabah corona. Ia juga berharap agar bantuan yang disalurkan bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran. “Harapannya bantuan yang diberikan bisa terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran,” kata Heny. (Hasna/Suryo)