09 May 2020


Unesa.ac.id,Surabaya- Pendidikan tinggi merupakan impian bagi sebagian besar kaum pelajar. Biaya tidak menjadi penghalang untuk bisa menempuh pendidikan dan meraih cita-cita. Tentu harus dimulai dari mimpi untuk menggapai tujuan serta usaha dan dibarengi dengan do’a.
Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi Nanas Merah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya mengadakan sharing session dalam acara “BIOSCHOLARSHIP”. Dengan mengangkat tema Grab Your Dream with Scholarship, acara ini menjadi tempat untuk saling berbagi cerita pengalaman, motivasi, serta kiat-kiat untuk mendapat beasiswa menuju pendidikan tinggi yang diimpikan.
Acara sharing session dilaksanakan melalui WhatsApp Group pada Sabtu (9/5) yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pada sharing session ini menghadirkan dua orang narasumber yakni Mika Zuhriyah, S.Pd, penerima beasiswa Aktivis Salman 2018 dan Yayang Vionita, S.Si., M.Sc., penerima beasiswa LPDP 2016. Mereka merupakan alumni dari jurusan Biologi FMIPA Unesa.
Menurut Mika, hal penting yang harus dilakukan jika ingin mendapat beasiswa terutama untuk mahasiswa S1 yakni pertama menjadi greet dengan minat, usaha, tujuan dan harapan. Kedua, sabar dan menikmati proses usaha. Ketiga, bekerja lebih keras dari sebelumnya. Keempat, menghargai diri sendiri mulai hal yang terkecil dan yang terakhir harus semangat tanpa batas.
“Yang perlu dipersiapkan agar siap mendaftar beasiswa yakni cari informasi beasiswa yang dituju, siapkan CV mu, belajarlah menulis essai yang baik, punya pengalaman organisasi dan leadership skills, ada pengalaman riset atau penelitian ilmiah, prestasi 5 tahun terakhir, mulai membuka informasi perihal wawancara, sertifikat atau kemampuan bahasa inggris, dan cari mentor yang tepat” jelas Mika.
Yayang memaparkan bahwa penting dalam menyusun sebuah rencana studi. Hal ini dikarenakan tingkat keberhasilan dalam proses studi lebih tinggi, dapat meningkatkan produktivitas, menghindarkan diri dari stress, mengurangi kemungkinan kegagalan, dan hasil studi lebih memuaskan. Ia memberikan tips bagi para pencari beasiswa agar berhasil dalam meraih mimpinya. Pertama, merumuskan rencana studi harus dilakukan dengan step by step. Awali dengan menentukan jurusan dan kampus tujuan, kumpulkan semua informasi terkait jadwal kuliah, periode libur, dan tanggal ujian. Kedua, buat daftar mata kuliah atau proyek yang akan ditempuh, dan susun rencana studi dengan detail. Selanjutya diskusikan rencana studi dengan study advisor atau supervisor
“Selalu alokasikan unexpexted time untuk menghindari hal-hal yang mungkin bisa terjadi selama proses studi. Good preparation is a half of success,” tambah Yayang. (Madina/has)