17 April 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Dampak dari penyebaran virus Corona (Covid-19) telah memberikan implikasi terhadap bidang pendidikan tinggi, diantaranya kampus menginstruksikan sivitas akademika melakukan kegiatan dari rumah atau yang lebih dikenal dengan Work From Home (WFH). Kuliah yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka dikelas (offline) harus diubah formatnya menjadi perkuliahan daring (online), tak terkecuali yang diterapkan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).
Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., menggelar diskusi online terkait optimalisasi proses pembelajaran e-learning yang telah berjalan dengan cara WFH ditengah pandemi covid-19. Diskusi tersebut juga diikuti oleh Kepala LP3M Unesa, Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd., Kabid Pembelajaran LP3M Unesa, Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or., dan Tim e-Learning Unesa.
Diskusi yang yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom berlangsung pada tanggal 16 April 2020 pukul 09.00 s.d. 11.00 WIB, dengan dimoderatori oleh Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes., Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran dan dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd.
Dwi Cahyo dalam pemaparannya menjelaskan bahwa, “Hingga tanggal 17 Maret 2020 pukul 18.11 WIB, jumlah aktivitas mahasiswa yang menggunakan e-learning tidak hanya terbatas pada video, pdf, teleconference, dan simulasi sebanyak 77.158 kali aktivitas. Jumlah dosen Unesa yang terverifikasi di SINTA (Science Technology indeks) 967 orang. Dosen Unesa pengguna e-learning sebanyak 120 orang dan prosentase penggunaan e-learning secara keseluruhan sebanyak 12,41%.”
Setelah pemaparan usai, diskusi pun dilanjutkan dengan sharing pengalaman pembelajaran oleh masing-masing tim e-learning Unesa yang telah dilaksanakan selama masa pandemi covid-19.
Kegiatan diskusi yang telah dilaksanakan tersebut membuahkan 3 kesimpulan untuk evaluasi dan optimalisasi antara lain, perlu adanya pembuatan time schedule untuk pelatihan selama covid-19 (dipertimbangkan untuk lembur agar bisa dibayarkan), ada kompetisi e-learning untuk dosen di Unesa (Tim e-learning sebagai juri), serta semua panduan e-learning akan diupload di Website Unesa. (QQ/ay)