12 March 2020


Unesa.ac.id, Surabaya – Generasi muda dituntut untuk mampu menjadi penerus bangsa serta mampu menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila yang selama ini kian memudar. Untuk itu, penting bagi generasi jaman sekarang untuk mempelajari tentang pendidikan pancasila. Menyikapi hal tersebut, Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan PMP-KN, menginisiasi terselenggaranya kuliah umum wawasan kebangsaan, pada kamis (12/3). Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa ini turut dihadiri oleh civitas akademik FISH, baik pimpinan fakultas, dosen dan mahasiswa.
Dengan mengusung tema “Pancasila untuk Generasi Muda” pihak birokrasi jurusan mengundang seorang aktivis sekaligus cendekiawan muda, Yudi Latif, Ph.D untuk memaparkan materi. Pemikirannya dalam bidang keagamaan dan kenegaraan tersebar di berbagai media, salah satunya dituangkan dalam buku ‘Negara paripurna: Historitas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila’.
Menurut Yudi, berkembangnya teknologi di zaman ini menjadi penyebab utama masuknya bermacam-macam ideologi. “Saat ini ideologi-ideologi yang ada di dunia masuk ke pori-pori generasi muda tanpa saringan lagi,” terangnya. Ia berharap agar pengajaran pendidikan pancasila bisa dilakukan lebih atraktif, baik dari sisi konten maupun penyampaian. (Suryo)