03 March 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Kedatangan 6 mahasiswa asal Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) disambut hangat oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. Sujarwanto, M.Pd. Keenam mahasiswa tersebut adalah Nurain Najihah binti Ismail, Tengku Nurfatihah binti Tengku Azmawi, Nur An’nisa Fatihah binti Rosli, Farikhatul Umah binti Muslih, Nazerah binti Ahmad Akamazaman dan Nursyafiqah binti Mazelan. Acara penyambutan dilakukan pada Selasa (03/03), di lantai 8, Gedung Rektorat Unesa. Acara ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., Ketua Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unesa, Dr. H. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd., Wakil Dekan dan Ketua Jurusan terkait dari FIP dan Fakultas Ilmu Olahraga (FIO).
“Terlepas dari itu, keterlibatan sekolah-sekolah ini dapat memberikan pengalaman baik kepada anak-anak kita nantinya, mungkin bisa ditransfer pengalaman dan ilmunya, sehingga dapat memperkuat ilmu para guru dan mahasiswa,” ujar Sujarwanto dalam sambutannya.
Kedatangan mereka ke Unesa bukan hanya untuk sekadar berbagi ilmu saja, mereka juga memiliki tujuan untuk ikut terjun dalam pembelajaran di masyarakat Indonesia atau biasanya disebut PPL. Mereka sendiri berasal dari jurusan yang mempelajari pendidikan untuk anak disabilitas dan pendidikan olahraga, sehingga mereka nantinya akan mendapat pendampingan khusus dari program studi Pendidikan Luar Biasa (FIP), dan Pendidikan Olahraga (FIO).
Selain itu, nantinya mereka akan mengajar di SMA 15 dan SLB Gedangan, mulai dari tanggal 9 s.d. 24 Maret. Sebelumnya, mereka akan mendapatkan pembekalan dari Fakultas dan Prodi masing-masing. Empat mahasiswa akan mendapat pendampingan dari PLB sesuai dengan jurusan mereka sebelumnya, hal yang sama juga didapatkan dua mahasiswa lainnya yang akan mendapat pendampingan dari Pendidikan Olahraga. Mereka direncanakan berada di Indonesia hingga tanggal 31 Maret mendatang.
”Kami harap, adik-adik dapat sharing dengan mahasiswa S1 PLB berkaitan dengan keorganisasian disana. Selain itu, kami juga berharap mereka dapat membagi pengalaman mereka berkaitan dengan internship atau terapi yang sudah mereka lakukan disana,” ujar Ketua Jurusan PLB, Dr. Asri Wijiastuti M.Pd. (hasna/ay)