18 December 2019


Unesa.ac.id – Surabaya, Floor Ball merupakan salah satu cabang olahraga baru di Indonesia yang telah dipertandingkan di ajang Sea Games 2019. Tidak hanya di Sea Games, Floor Ball juga dihadirkan dalam rangka perayaan dies natalis ke-55, lustrum XI Unesa. Kejuaraan yang dilaksanakan tanggal 13 s.d. 15 Desember ini dilaksanakan di GOR Bima Unesa dan diikuti antar pelajar dan perguruan tinggi se-Indonesia.
Peserta yang ikut tidak hanya akan memperebutkan juara 1, 2, dan 3 saja, tapi ada kategori yang lain seperti top scores, best goalie, dan top assist. Jumlah peserta dari tingkat pelajar yang mengikuti acara ini ada 21 tim, sementara untuk tingkat perguruan tinggi ada 11 tim.
Saat ditemui, Ketua Pelaksana, M. Nur Fauzan mengatakan, “Tujuan dari kejuaraan ini untuk merayakan dies natalis Unesa yang ke-55, sekaligus sebagai ajang memperkenalkan cabang floor ball di Jawa Timur, khususnya Surabaya.”
Ketertarikan masyarakat terhadap cabang olahraga floor ball ini sudah cukup terasa. Hal tersebut bisa dilihat dari animo masyarakat yang antusias mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kejuaraan. Terlebih, Indonesia sudah mengirimkan Timnas floor ball ke ajang bergengsi Sea Games 2019. Munculnya bibit-bibit unggul pemain floor ball berbakat juga diharapkan akan lahir dari adanya kejuaraan-kejuaraan semacam ini. Tidak hanya untuk memperkuat tim daerahnya, tapi juga bisa ikut berjaya memperkuat Timnas floor ball di ajang olahraga internasional lainnya. Fauzan juga berharap, kejuaraan selanjutnya akan semakin ramai, pasalnya ini merupakan kejuaraan Rektor Cup yang kali pertama di gelar pada cabang olahraga floor ball. “Kedepannya, semakin banyak peserta, semakin banyak tim bakalan lebih seru,” ujarnya.
Sementara itu, final kejuaraan yang diadakan pada tanggal 15 Desember, kategori SMP, juara 1 kategori putra disandang oleh tim dari SMP Kreatif An-Nur Surabaya, menyusul kemudian tim dari SMP Muhammadiyah 4 Surabaya sebagai juara 2, dan tim dari SMP Muhammadiyah 2 Surabaya sebagai juara 3. Pada kategori putri, juara 1 dan 2 diraih oleh tim dari SMP Kreatif An-Nur Surabaya, serta juara 3 diraih oleh tim dari SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Selanjutnya pada kategori SMA (putra) juara 1 dan 3 diraih oleh tim dari SMAN 1 Katapang Bandung, dan juara 2 diraih oleh tim dari SMAN 3 Kediri. Untuk SMA (putri), juara 1 diraih oleh tim dari SMAN 1 Katapang Bandung, menyusul kemudian tim dari SMAN 1 Menganti sebagai juara 2, dan tim dari SMA Muhammadiyah 10 Surabaya sebagai juara 3. Pada kategori perguruan tinggi (putra), tim dari Universitas Negeri Surabaya berhasil meraih juara 1, disusul kemudian tim dari Universitas Negeri Jakarta sebagai juara 2 dan tim dari Universitas Bina Nusantara Jakarta sebagai juara 3, sedangkan untuk perguruan tinggi (putri), juara 1 berhasil diraih oleh tim dari Universitas Negeri Jakarta yang disusul oleh tim dari Universitas Negeri Surabaya sebagai juara 2, serta tim dari Universitas Petra Surabaya sebagai juara 3. (hasna/ay)