27 November 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia telah digelar. Mahasiswa Unesa memberanikan diri ikut serta sebagai kontestan di ajang bergengsi nasional tersebut melalui Pusat Inkubasi Bisnis yang dipimpin oleh Prof. Titik Taufikurohmah, S.Si., M.Si
Dengan membawa Ide Startup Supersquad Academy bidang Revolusi Cara Belajar Siswa Indonesia yang bertujuan memberikan pemahaman gaya belajar terbaik bagi siswa untuk mempersiapkan diri menjadi Generasi Emas Indonesia kedepan.
"Modal keyakinan dan optimis menjadi salah satu modal terbaik kami untuk memberangkatkan diri, dan alhamdulillah kami lolos 100 Besar untuk mengikuti seleksi plus Camp di Jakarta bulan September lalu, tidak berhenti disitu, kami lanjut lolos 50 besar untuk mengikuti tahap Monev oleh Kemenristekdikti (sebelum menjadi Kemendikbud)," ungkap Sri Kurnia Abdi Pradhana atau yang biasanya disapa Danang salah satu mahasiswa Unesa yang ikut ajang tersebut.
Tentunya dengan bangga dan semakin tertantang Tim Supersquad Academy bisa lolos ke tahap selanjutnya. Perlu diketahui, Startup ini merupakan hasil kolaborasi berbagai kampus di Surabaya dan Universitas Negeri Surabaya yang Notabenenya Kampus Pendidikan lah yang menjadi payung Startup tersebut.
Kepedulian terhadap Sistem Pendidikan di Indonesia menjadi landasan terbentuknya Supersquad Academy. Hal ini didasari dengan banyak siswa yang tidak nyaman dengan lingkungan belajarnya, oknum guru yang tidak menghargai proses belajar siswa, dan potensi siswa yang kurang terwadahi menurut Survey Tahun 2015/16 PISA (Programme of International Student Assessment).
Sementara itu tahap Monev dilakukan di wilayah masing - masing. Unesa bersaing dengan Tim PENS dan Unair di Surabaya, dan tidak disangka Unesa yang lolos ke Startup Summit 25 Besar bersamaan dengan KMI Expo di Politeknik Negeri Batam tanggal 22-25 November. Dua Mahasiswa Manajemen Pendidikan Unesa (Danang dan Arsya) berangkat menjadi delegasi Supersquad Academy untuk bersaing dengan 24 perguruan tinggi lainnya, dengan rasa bangga Supersquad Academy berhasil menjadi juara 2 Akselerasi Startup ini dengan diapit duo IPB (Juara 1 dan 3) serta UNNES Semarang dan Universitas Telkom Jakarta menjadi juara harapan.
"Tidak mudah proses kami untuk berangkat, banyak perjuangan yang harus dilewati, ini adalah sebuah kebanggan dari perjuangan yang tidak sia - sia. Terimakasih kepada seluruh Tim, Amin, Refa, Digdo, Dinda, Superteam, para dosen, dan para mitra lainnya yang sudah mensupport sampai tahap ini. Semoga menjadi awal yang baik dan Unesa semakin memperhatikan Inovasi Startup selanjutnya demi kemajuan Negeri ini, sekali lagi terimakasih," ungkap Arsya. (why)