09 September 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Hubungan Masyarakat Universitas Negeri Surabaya menggelar pelatihan jurnalistik 2019 di Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan, (07/08). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang diikuti oleh mahasiswa delegasi di setiap fakultas.
Much. Khoiri selaku Ketua Satuan Kehumasan Unesa menyatakan tujuan kegiatan ini untuk membekali mahasiswa agar mampu berkompetensi dalam bidang menulis atau memproduksi karya jurnalistik baik untuk media cetak, online atau media sosial.
“ini dapat menjadi bekal para peserta untuk menggali bakat menulis mereka sehingga mampu menginformasikan sebuah berita dalam suatu media, baik cetak, online, atau medsos,” ujar Khoiri.
Selain itu, Khoiri juga menegaskan dalam kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan reporter yang mendukung tugas kehumasan di tingkat universitas atau tingkat fakultas. Tentunya dengan mengikuti pelatihan jurnalistik ini mereka dapat mengeksploitasi sebuah informasi lebih dalam.
Tampak jelas raut wajah antusiasme 84 peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Pasalnya materi yang diberikannya pun beragam diantaranya teori penulisan berita, menulis indept news dan feature, foto jurnalistik, edukasi memviralkan sebuah informasi, serta reportase penyiaran radio. Tidak hanya itu para peserta juga diajak langsung mempraktikkan apa yang telah mereka dapat setelah diberikan materi. (why)