09 September 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Sebagai upaya peningkatan kualitas pengetahuan Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengadakan kuliah tamu dengan mengundang pemateri dari National Taipei University of Education Taiwan, Prof. Jing-Wen Lin Ph.D. Bertempat di Auditorium Gedung D1 FMIPA Unesa, kegiatan ini dihadiri sekitar 300 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi unggulan Kimia mulai angkatan 2016 sampai dengan 2019, Jum’at (6/9).
Kegiatan ini juga turut dihadir Dekan FMIPA, Prof. Dr. Madlazim., M.Si, sekertaris Jurusan Fisika, Nadi Suprapto, M.Pd., Ph.D, serta jajaran dosen dari prodi Pendidikan Fisika.
Dengan mengusung tema ‘Teacher Knowledge of Models and Modeling’, Prof. Madlazim berharap mahasiswa yang hadir bisa menjadi guru yang mampu menjadi contoh bagi anak didiknya. Tidak hanya dalam pengetahuan dan ketrampilan, melainkan sikap dan karakter juga mampu untuk dijadikan pedoman nantinya saat mengajar di sekolah.
“Mahasiswa sangat beruntung karena Jurusan Fisika mendatangkan professor dari Taiwan. Kuliah tamu ini sangat penting untuk menambah wawasan mahasiswa terkait kompetensi pendidikan MIPA, untuk mendapat penyegaran bagaimana menjadi guru yang baik,”
Menurutnya, mencari materi pembelajaran di era serba cepat ini bukan lagi menjadi hal yang sulit. Akses internet sudah sangat membantu dalam memperoleh pengetahuan. Tapi untuk menjadi guru yang mampu menjadi contoh itu bukan perkara mudah. “Pintar dalam materi tapi tidak dapat menyampaikan materi tersebut, itu bukan contoh guru yang baik. Karena guru harus memiliki 2 kompetensi, yang pertama kompetensi dalam bidang ilmu dan kedua kemampuan pedagogik,” papar Prof. Madlazim. (Suryo)