09 August 2019


Praha, Unesa.ac.id - menandatangani nota kesepahaman kerjasama dalam bidang akademik dengan Czech University of Life Sciences (CULS) Praha, Kamis (8/8/2019). Tujuan kerjasama adalah meningkatkan bidang akademik, baik dalam pembelajaran maupun penelitian. Diharapkan, kinerja akademik dosen dan mahasiswa Unesa makin baik.
Kerjasama itu meliputi, 1) Pertukaran mahasiswa dan dosen, 2) Kolaborasi kegiatan penelitian 3) Partisipasi dalam seminar dan pertemuan-pertemuan akademik, 4) Pertukaran informasi dan bahan akademik dan 5) Kegiatan-kegiatan publikasi yg saling menguntungkan.
Rektor Unesa Prof Nurhasan, M.Kes mengatakan: "Unesa siap memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa CULS utk program sarjana (bachelor), kecuali biaya penerbangan. Untuk pengurusan visa, kami siap membantu sepenuhnya."
Smentara itu, Nurhasan juga berharap utk mengirimkan setidaknya 5 mahasiswa utk belajar di CULS. Untuk itu, Unesa siap menyeleksi internal untuk disesuaikan dgn persyaratan masuk ke CULS.
Perwakilan CULS Prof. David Herak, Ph.D menyambut baik penawaran Unesa. Namun, kriteria akademik tetap dinomorsatukan. "Untuk fakultas Teknik kami, selain bagus dlm Matematika, calon maba hrs mampu berbahasa Inggris aktif. Tesnya online, dan wawancara lewat skype," tuturnya.
Dalam kesempatan itu juga disepakati sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan. Hal-hal spesifik akan segera tertuang ke dalam letter of agreements. "Saya berharap utk bisa memenuhi undangan Unesa pada bulan Oktober atau November mendatang," tutur Herak.
Selain Rektor, hadir dalam penandatanganan tersebut Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama Unesa Dr. Sujarwanto dan pihak KBRI untuk Republik Ceko. Selepas kegiatan tersebut, rombongan diterima Kedubes dalam ramah tamah yang hangat.
Unesa juga merintis kerjasama dg Charles University dan Alomouc University. Sudah ada pembicaraan awal, dan akan segera ditindaklanjuti dengan langkah yg lbh serius. Proses penyelesaikan akan dibantu sepenuhnya oleh pihak KBRI. (kho)