15 July 2019


Unesa.ac.id – Surabaya, Hari ini (15/7), Unesa gelar pembukaan Program Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (PKKUI) di lantai 11 Auditorium Gedung Rektorat. Dalam kegiatan ini, turut hadir Dr. Sujarwanto, M.Pd. (Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama), Lina Purwaning Hartanti, M.Eil. (Perwakilan dari Unesa), Evi Eliyanah, Ph.D. (perwakilan dari Universitas Negeri Malang), serta Dwi Nita Aryani, Ph.D. (perwakilan dari STIE Malangkucecwara). Peserta yang terlibat pun tidak hanya dari ketiga universitas yang tersebut di atas, melainkan ada juga dosen dan mahasiswa dari Thailand (Yala Rajabhat University dan Rajamanggala University of Technology Krungthep) dan Filipina (Mariano Marcos State University).
Program yang dirancang dalam bentuk Project Based Learning (PBL) ini mengangkat tema Gender Equality: Strengthening the Support System for Migrant Workers’ Families in Indonesia. Program ini merupakan bentuk kerjasama dengan Universitas Negeri Malang (UM) dan STIE Malangkucecwara (MCE).
Program yang direncanakan berlangsung selama lebih kurang 10 hari, terhitung mulai tanggal 14 s.d. 24 Juli 2019 ini merupakan bentuk program singkat yang dirancang sebagai kursus umum dengan pendekatan multidisiplin bagi peserta untuk belajar tentang masalah diantara keluarga pekerja migran dan serangkaian tindakan yang diambil untuk mengatasinya. Setiap topik dirancang dalam bentuk Project Based Learning (PBL), di mana peserta akan belajar melalui kasus dan pengalaman langsung dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Diharapkan, program ini akan meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan lintas budaya, serta keterampilan bersosialisasi dengan masyarakat (bagi peserta).
Tidak hanya di Unesa, kegiatan ini nantinya juga akan berlangsung di Fakultas Ilmu Sosial Gedung I1 lantai 7, Aula Kartini UM, Dusun Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, serta di STIE Malangkucecwara. (ay)