12 April 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Fakultas Ekonomi (FE) Unesa lakukan tindak lanjut kesepakatan kerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) terkait student mobility selama 1 semester studi di FPTP UTHM. Tindak lanjut tersebut direalisasikan melalui kunjungan mahasiswa dan dosen UTHM ke Unesa yang dilakukan selama satu minggu, terhitung sejak tanggal 7 sampai 13 April 2019. Kunjungan tersebut juga merupakan bentuk realisasi dari joint publication dan joint conference.
Selama 7 hari kunjungan tersebut, 25 mahasiswa dan 10 dosen dari Negeri Jiran disibukkan dengan berbagai kegiatan, seperti campus tour, beberapa agenda publication workshop antara dosen Unesa dan UTHM, seminar perniagaan dan kewirausahaan, bertukar ilmu dengan Ormawa, company visit, serta keliling Kota Surabaya. Tidak hanya itu, dosen dari UTHM juga diberi kesempatan untuk mengajar di salah satu prodi di FE.
Dalam acara pembukaan yang dilaksanakan hari Senin (8/4), Dekan FE, Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si., mengucapkan rasa terima kasihnya karena pihak UTHM di Johor Malaysia sudah menerima mahasiswa FE Unesa dengan sangat baik. “Semoga pihak UTHM tidak bosan-bosan untuk menerima mahasiswa kami lagi. Kerja sama ini semoga tidak berhenti sampai di sini saja. Kami juga ingin berkolaborasi dengan UTHM untuk bisa meningkatkan kualitasi dan kompetensi kami,” papar Anang.
Menurutnya, kerja sama yang tengah dilakukan ini bisa berjalan secara seimbang. Salah satunya adalah kerja sama dalam pengelolaan penerbitan jurnal internasional. “Harapnnya, di Fakultas Ekonomi bisa memiliki jurnal internasional yang terindex global,” tambahnya.
Dalam momen kerja sama ini, FE berencana untuk membuka double degree, sehingga mahasiswa bisa memperoleh gelar ganda dengan menempuh studi selama 2 tahun di FE dan 2 tahun di UTHM.
Dr. Mohd Yamani Bin Yahya, selaku Deputy Dean of Academic and International Affairs UTHM juga mengucapkan rasa terima kasihnya karena telah disambut baik di Unesa. “Beberapa program telah dipersiapkan oleh kami, seperti kuliah tamu, join publishing, campus tour, tentu kami dari pihak UTHM sangat bersyukur atas kerja sama ini,” ujar Yamani. Di sisi lain, Yamani juga berupaya agar kerjasama yang sudah terjalin ini tetap bisa berlanjut. (suryo/ay)