14 February 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Mahasiswa Unesa kembali menorehkan prestasinya di kancah nasional. Kali ini perwakilan dari mahasiswa Unit Kegiatan Paduan Suara dan Musik (UK-PSM) Unesa – Swara Anggita Choir berhasil membawa pulang medali silver dari 9th Brawijaya Choir Festival (BCF) 2019, yang digelar tanggal 6 s.d. 10 Februari lalu di Studio UB TV Universitas Brawijaya.
Kompetisi bertaraf nasional ke-9 ini dibagi menjadi 8 kategori yakni: 1) children choir, 2) teenager choir, 3) mixed youth choir, 4) mixed choir, 5) folklore, 6) ensemble choir, 7) equal choir, dan 8) pop/jazz choir. Dari ke-8 kategori tersebut, UK-PSM berhasil lolos dan menyebet medali silver untuk kategori mixed choir.
Bersama dengan pelatihnya, Fauzi Bahtiar, S.Pd., 26 orang anggota UK-PSM berlatih untuk persiapan kompetisi bertaraf nasional tersebut. Agil Juninto Putra Maulana selaku kepala divisi paduan suara menuturkan jika UK-PSM dibawah bimbingan Budi Dharmawanputra, S.Pd., M.Pd., ini tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri. “Biasanya dalam kompetisi paduan suara paling ngga persiapan untuk kompetisi 7 bulan, kita hanya mempersiapkan kira-kira 4 bulan,” ujarnya.
Mengingat perjuangan sebelum mengikuti 9th BCF 2019 yang cukup berat dengan kurangnya personil, Agil mengungkapkan jika dia ingin mengajak para mahasiswa yang berminat dalam bidang paduan suara untuk bergabung bersama UK-PSM. “Berkaca dengan universitas lain juga sudah banyak yang berprestasi dan go internasional, iya semoga kita bisa juga seperti universitas lain yang go internasional,” tambahnya. (ay/why)