24 September 2018


Unesa.ac.id-Surabaya, Unesa mendapat mandat dari Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi keluarga. Kali ini Unesa yang diwakili oleh empat dosen dari Fakultas Ekonomi (FE) melakukan riset terkait pemanfaatan terong sebagai olahan tepung dalam pembuatan kue di Desa Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Setelah dilakukan riset olahan tepung berbahan terong ternyata dapat dibuat olahan kue seperti brownis kukus, cookis, dan crips.
Empat dosen yang terdiri dari Prof. Dr. Bambang Suratman,M.Pd, Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd., Triesninda Pahlevi, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., M.SM. tersebut tidak hanya melakukan riset saja melainkan juga memberikan pelatihan pemasaran secara online kepada masyarakat setempat. Hal ini sebagai bentuk pemanfaat sarana media online dalam memasarkan produk secara luas.
Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd salah satu dari tim peneliti mengatakan bahwa penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pemanfaatan tepung lokal yakni tepung terong dalam meningkatkan ketahanan pangan melalui kebijakan daerah sebagai pengembangan potensi daerah yang berbasis kewirausahaan.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mengoptimalkan produk-produk daerah sebagai aset pembangkit ekonomi daerah melalui wirausaha. Serta dapat memasarkan olahan tepung terong sebagai produk unggulan Kabupaten Sidoarjo. (SH/why)