29 March 2018


Unesa.ac.id, Surabaya - Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang digelar untuk membahas kepengurusan koperasi. Acara yang diadakan di Gedung Auditorium Rektorat lantai 11, Rabu (28/3), dihadiri oleh perwakilan Rektor Unesa, Tamsil, S.H., M.H. selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fatkur Rohman Kafrawi, M.Pd. selaku Ketua Pengurus Kocika Unesa, Drs. Sumarto, M.M. selaku Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Surabaya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya yang diwakili oleh Meti Simatupang, S.E., dan perwakilan anggota koperasi yang berasal dari setiap fakultas di Unesa.
Acara yang bertema “Kita tingkatkan partisipasi menuju koperasi jaya dan anggota sejahtera” ini membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan pemeriksaan pengawas tahun buku 2017, RK dan RAPB tahun 2018, pembahasan rencana kerja pengawas 2018, serta peninjauan personil pengurus dan pengawas periode 2017-2019.
Dalam sambutannya, ketua PKPRI mengapresiasi kinerja pengurus dan keanggotaan Kocika Unesa. Hal ini karena dari 96 koperasi di Surabaya, Kocika Unesa termasuk ke dalam urutan 39 pelaksanaan RAT.
“Dengan kesibukan pengurus dan pengawas, namun beliau masih berkomitmen mengurus Kocika Unesa dengan tertib dan melaksanakan RAT tepat waktu,” ujar Sumarto.
Selain itu, apresiasi juga datang karena dalam pelaksanaannya, RAT ini dihadiri lebih dari 125 orang dari sekitar 179 undangan, artinya 70% dari undangan hadir dalam RAT.
Dalam sambutannya, ketua pengurus maupun ketua PKPRI juga mengharapkan anggota lebih aktif lagi berpartisipasi, sehingga Kocika Unesa menjadi lebih produktif. Oleh sebab itu, diharapkan dalam RAT seperti ini anggota bisa menyampaikan aspirasinya, sehingga segala “uneg-uneg” bisa diwadahi dan didiskusikan ulang demi kesejahteraan semua anggota koperasi.
Selain semua acara yang sudah disebutkan di atas, yang paling ditunggu dalam RAT ini adalah pembagian doorprize. Beberapa ada yang bersorak-sorai ketika salah satu anggota rapat mendapatkan hadiah dorrprize berupa sepeda lipat. Tidak hanya sepeda lipat, masih banyak lagi doorprize yang dibagikan sampai acara selesai. (Ay/Lus)